Gubernur Malut Minta Segera Sediakan Sekber Pungli

Gubernur Malut Minta Segera Sediakan Sekber Pungli

251
0
BERBAGI
.

 

Malut (M.sindoraya) – Maluku Utara berada pada posisi 15 tingkat nasional terkait satuan tugas (Satgas) Sapuh Bersih (Saber) pengutan liar. Hal ini lantaran Maluku Utara belum juga  melengkapi dan memenuhi kelengkapan tim yang sebelumnya masih ada hambatan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. Hal ini disampaikan ketua Tim Saber Pungli Abdul Gani Kasuba saat menggelar rapat bersama jajaran Forkompinda di kediaman Gubernur Malut Kamis (19/1).

Gubernur meminta Kepada Satgas Saber Pungli untuk memantau semua aktfitas aparat baik di perkantoran, perusahaan Pertambangan maupun usaha-usaha lain yang memberikan pelayanan kepada masyarakat agar tidak melakukan pungutan liar yang berdampak pada pelangaran hukum, ungkap Kabag Humas kepada wartawan kemarin.

Lanjur dia, gubernur juga meminta khusus kepada inspektorat untuk mengawasi SKPD baik provinsi dan Kabupaten kota untuk menghindari kebiasaan sebelumnya. Dengan tegas agar ditindak pelaku pungli yang ditemukan, dengan adanya satgas saber pungli akan menciptakan stabilitas tata pengelolaan birokrasi.

“Jika ada pelanggaran pungli yang ditemukan maka harus ditindak untuk membuat jera bagi pelaku-pelaku tersebut” ungkap Gubernur Malut.

Lanjut gubernur, terkait peringkat 15 tingkat nasional tersebut, ia meminta agar Kejaksaan Tinggi dapat mempelajari setiap kasus dan menindaklanjuti jika ditemukan oleh satgas saber pungli karena kajati juga merupakan tim bersama. Atas permintaan itu pula, Kajati Maluku Utara telah menyiapkan prangkat kejaksaan tinggi seperti Aspisud dan Aspidum untuk mengawal setiap kasus sesuai fakta hukum hingga ke pengadilan.

Selain itu, gubernur juga meminta kepada kapala Inspektorat Provinsi Maluku Utara Bambang Herawan agar segera menyiapkan sekretariat yang dibutuhkan dan telah dipenuhi pihak inspektorat dimana saat ini sedang dipersiapkan Dua Posko Saber Pungli provinsi yang berada di Sofifi dan Ternate untuk mendukung pelaksanan tugas satgas Saber Pungli selama tahun 2017, katanya

(Sf)

LEAVE A REPLY