BUPATI PASURUAN KUKUHKAN TIM SABER PUNGLI

BUPATI PASURUAN KUKUHKAN TIM SABER PUNGLI

413
0
BERBAGI
.

PasuruanKab. (M.Sindoraya ) – Praktek Pungutan Liar (Pungli) telah merusak sendi kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara, maka dari itu untuk memberantas Pungli tersebut, Pemerintah Kab. Pasuruan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang tersebar di semua wilayah hukum Kab. Pasuruan. Jum’at (20/01/2017)

Sekira pukul 08.00 WIB, bertempat di Pendopo Pemerintah Kab. Pasuruan telah dilaksanakannya giat Pengukuhan Tim Saber Pungli Kab. Pasuruan.

Dalam Pengukuhan tersebut langsung di pimpin oleh Bupati Pasuruan H. M. IRSYAD YUSUF, SE, MMA, dan turut hadir juga Kapolres Pasuruan AKBP MUHAMMAD ALDIAN, S.I.K., M.H., Forkopimda Kab. Pasuruan, serta para undangan lainnya.

Sesuai amanatnya, Bupati Pasuruan memberikan beberapa arahannya yakni, pengukuhan ini merupakan wujud komitmen segenap unsur Pemerintah Daerah bersama jajaran Kepolisian, Kodim 0819 Pasuruan, Kejaksaan, Pengadilan, Sub Den Pom TNI AD, dan Badan Pertanahan Nasional dalam mendukung kebijakan pemerintah pusat dalam upaya tindakan Pungli di lingkungan kementerian, lembaga, departemen, dan instansi pemerintah. Dalam rangka menciptakan kondisi Pemerintahan Daerah yang bersih dan berwibawa serta mewujudkan masyarakat yang bebas dari Pungutan Liar pada semua lini pelayanan publik, khususnya dalam penyelenggaraan Pemerintah di wilayah Kab. Pasuruan dan dipandang perlu membentuk Unit Pemberantasan Pungutan Liar (Pungli) Kab. Pasuruan.

Komitmen ini adalah kristalisasi gagasan bersama dari Pemerintah Daerah dengan unsur keamanan yang duduk dalam Forkopimda Kab. Pasuruan dan menindaklanjuti peraturan Presiden RI Nomor 87 Tahun 2016 tentang satuan tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). “Untuk itu, dengan dikukuhkannya Satgas Saber Pungli Kab. Pasuruan ini, tentu kita semua berharap tim segera bekerja dan bergerak cepat dalam memantau serta melakukan tindakan jika ditemukan adanya indikasi praktik Pungli di semua unsur pemerintahan daerah“, tegas Bupati selaku penanggung jawab Satgas Saber Pungli di akhir amanatnya.

Usai Pengukuhan Kapolres Pasuruan mengemukakan tanggapannya kepada media, “Yah… Tim Saber Pungli telah resmi di kukuhkannya, untuk langkah pertama tim intelijen akan mengumpulkan anggotanya untuk mengetahui modus-modus atau perbuatan-perbuatan apa yang masuk kategori pungutan liar, setelah dirumuskan secara bersama-sama, tim turun ke lapangan untuk operasionalisasinya melakukan penindakan bersama”.

“Pasal-pasal KUHP tentang pemerasan atau pasal korupsi bisa menjerat pelaku pungli. Mengenai ancaman pidana, tim akan melihat besar kecilnya uang yang dipungli tersebut” Terang Kapolres. Satgas Saber Pungli Pasuruan ini terdiri dari 5 (lima) Institusi kesatuan yang meliputi, yakni jajaran Polres Pasuruan, Kodim 0819 Pasuruan, Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangil, dan Kasubdenpom Pasuruan. Tujuan utama Satgas Saber Pungli adalah memberantas praktik pungli yang merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, Satgas Saber Pungli beraksi berdasarkan 4 (empat) kelompok kerja, terbagi atas kelompok Ahli, Unit Intelijen, Unit Pencegahan, Unit Penindakan, dan, Unit Yustisi. Peranan tugasnya adalah membangun sistem dengan Standard Operasional Prosedur (SOP) tertentu dengan mengedepankan fungsi pencegahan, melalui pembinaan dan pengawasan secara berkesinambungan terhadap penyelenggaraan Pemerintahan yang memiliki resiko terjadinya Pungli dan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga kedepan diharapkan semua Unit Pelayanan bebas dan bersih dari Pungli. Unit Pemberantasan Pungli Kab. Pasuruan telah terbentuk, dan selanjutnya di instruksikan agar segera melaksanakan langkah-langkah sebagaimana tugas Unit Pemberantasan Liar Kab. Pasuruan.

Sumber Humres Pasuruan

LEAVE A REPLY