Menuju Desa Plintahan Yang Sejahtera

Menuju Desa Plintahan Yang Sejahtera

396
0
BERBAGI
H. SANUSI, Kepala Desa Plintahan, Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan saat memberikan pelayanan Surat kepada warga, (31/01/2017)
.

PasuruanKab. (M.Sindoraya) – Desa Plintahan, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, tiga tahun sejak dipimpin Kepala Desa H. SANUSI mulai terlihat perkembangannya, baik dalam Infrastruktur maupun Sumber Daya Manusianya (SDM).

Memimpin Desa yang mempunyai luas wilayah lebih kurang 350 Ha, dengan 7 Dusun dan berpenduduk kurang lebih 4.000 jiwa ini, menurut H. SANUSI tidaklah mudah, Dia harus banyak mengejar ketertinggalan dengan Desa-desa lain di sekitar Plintahan yang memang sudah bergerak terlebih dahulu, padahal menurutnya Wilayah Desa Plintahan sangat strategis karena banyak tanah Bengkok Desa yang berada dipinggir jalan Kabupaten dan Desa Plintahan menjadi jalan perjalanan menuju kawasan Trestes Prigen.

Untuk itu, Kades Sanusi mengajak semua warga dan khususnya aparat desa bekerja keras dalam mengejar ketertinggalan tersebut.

Banyak upaya telah dilakukan, mulai dari pemberdayaan SDM nya sampai pembangunan Infrastruktur terkait dengan harapan menjadi Desa Wisata.

Dalam hal pemberdayaan SDM, pemerintah desa seringkali mengadakan pelatihan-pelatihan terhadap warganya, saat ini program yang sudah berjalan adalah Pelatihan Bordir bagi ibu-ibu, dan pelatihan membuat aneka kue bagi para pemuda.

Sedangkan untuk Pembangunan Infrastruktur saat ini sedang mengerjakan proyek pengadaan Pasar Ikan Hias maupun Ikan konsumsi di area pasar Wisata.

” Setelah kita bangun Pasar Wisata, sesuai usulan warga maka di area pasar ini juga akan ada Pasar Ikan Hias maupun untuk Konsumsi, juga disebelah Pasar sedang kita bangun kolam renang ( Water Boom ) yang target kita 2017 ini selesai pengerjaannya,” Ujar H. Sanusi saat diwawancara Wartawan Media SindoRaya di Kantor Kelurahan (Senin, 31/01/2017).

Tambahanya,” Saat ini, untuk menarik banyak pengunjung, setiap minggu kita adakan event di pasar wisata Plintahan. Semakin banyak pengunjung yang hadir dan membeli produk-produk di pasar wisata, semakin banyak pula pendapatan daerah desa Plintahan “.

” Pada prinsipnya sebuah Desa harus dapat memberdayakan dirinya untuk berpenghasilan sehingga dengan pendanaan yang cukup, Desa dapat lebih cepat berkembang kearah kesejahteraan,” Pungkasnya.

Secara terpisah Media Sindoraya juga sempat wawancara dengan seorang aparat desa yang sudah empat periode di pemerintahan Desa Plintahan. Sutrisno atau biasa dipanggil Bogel menjelaskan bahwa dirinya sudah empat periode di Pemerintahan Desa Plintahan dan menurutnya pemerintahan sekarang memang terlihat lebih aktif dalam pembangungan SDM dan Infrastruktur Desa tanpa mengurangi jasa-jasa Kepala Desa yang terdahulu, apalagi sejak adanya Pasar Wisata di Plintahan memberikan dampak ke arah positif.

Bogel berharap siapapun pemimpin di desa Plintahan ini dapat membawa Desa ini semakin maju, semakin dikenal sebagai Desa wisata, sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Desa Plintahan.

(bhp)

LEAVE A REPLY