UK Petra Gelar Adu Kuat Tekan Beton Antar Mahasiswa Teknik Sipil se-Indonesia

UK Petra Gelar Adu Kuat Tekan Beton Antar Mahasiswa Teknik Sipil se-Indonesia

212
0
BERBAGI

 

Surabaya (M.Sindoraya) – Permintaan akan pembangunan terus meningkat dari tahun ke tahun. Beton menjadi bahan utama dalam setiap pembangunan baik untuk rumah tinggal hingga gedung bertingkat. Akan tetapi jenis beton yang seperti apa yang aman digunakan saat ini? Isu ramah lingkungan juga menjadi pertimbangan dalam memilih jenis beton yang digunakan saat ini. Mengangkat tema Optimize Your Materials for Greener Concrete, Lomba Kuat Tekan Beton (LKTB) ini diusung oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil UK Petra dan akan digelar proses mixing nya pada hari Sabtu, 4 Maret 2017 mulai pukul 10.00-15.00 WIB di Lapangan Anta.

Mixing Day merupakan saat dimana para peserta membuat sampel beton dengan merealisasikan campuran-campuran bahan yang ‘resep’nya telah dipersiapkan pada hari sebelumnya. “Tujuan dari lomba ini sendiri adalah agar para mahasiswa dapat menciptakan inovasi dan mengaplikasikan prinsip kerja dari beton ramah lingkungan, yaitu low cement concrete,”  kata Johan Siandi Putra selaku salah satu panitia Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UK Petra. Semen, sebagai salah satu bahan utama pembuat beton memiliki dampak yang cukup negatif.

Lomba Kuat Tekan Beton ini akan diikuti oleh 65 kelompok dengan jumlah peserta 2 hingga 3 orang tiap kelompoknya. Dengan diadakannya lomba ini, diharapkan mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan dapat membangun gedung dengan menggunakan bahan-bahan beton yang ramah lingkungan sehingga dapat menjadi alternatif dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan yang ada. Lomba Kuat Tekan Beton merupakan salah satu rangkaian acara Petra Construction Expo (PCE 2017). Kompetisi ini menuntut untuk mengubah pola pikir mahasiswa Teknik Sipil agar dapat menggunakan bahan beton yang ramah lingkungan untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang terjadi pada saat ini di sekitar kita.

(eli)

LEAVE A REPLY