Bupati Sikka : Tambatan Perahu untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Nelayan

Bupati Sikka : Tambatan Perahu untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Nelayan

336
0
BERBAGI
Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera dan Wakil bupati Sikka Poulus Nong Susar sekaligus pimpinan meninjau tambatan perahu.

 

SIKKA (M. Sindoraya) – Setelah menanti begitu lama, akhirnya Selasa,(03/07/2017) merupakan hari yang sangat menggembirakan bagi masyarakat nelayan Dusun Waipare, Desa Watumilok, Kecamatan Kangae Kabupaten Sikka, dimana telah diresmikan  tambatan Perahu oleh Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera.

Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera sedang tanda tangan prasasti tandanya telah diresmikan tambatan perahu.

Dalam peresmian tambatan perahu ini, Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera mengatakan, Pembangunan tambatan perahu ini sejalan dengan program kerjanya lima tahunan dalam meningkatan ekonomi nelayan yang ada di Kabupaten Sikka terutama di Dusun Waipare ini. Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka berusaha membangun sarana prasarana perhubungan khususnya di bidang transportasi laut, yang merupakan Jantung perhubungan laut sebagai penghubung wilayah kepulauan dan daerah-daerah pesisir ke pusat ekonomi. Dengan adanya pembangunan tambatan perahu, maka akan membantu pertumbuhan ekonomi di daerah kepulauan dan pesisir yang masih tertinggal baik di bidang ekonomi maupun infrastruktur.

Lanjut Ansar, Pemerintahnya berusaha untuk memberikan bantuan bagi nelayan berupa alat tangkap ikan, pukat dan perahu motor untuk mendukung para nelayan agar lebih mudah mencari ikan di laut dalam rangka meningkatkan kesejahteraan nelayan tersebut. Berbagai fasilitas sarana dan prasarana di bangun,untuk di Kabupaten Sikka pada tahun 2016 kita membangun sembilan tambatan perahu yang tersebar di beberapa tempat yang ada.

“Peresmian pembangunan tambatan perahu ini, agar para nelayan lebih dengan mudah turun ke laut untuk mencari ikan sekaligus lebih mudah menyandarkan kapalnya di tambatan ini. Kalau musim gelombang laut, para nelayan sudah tidak takut lagi karena kapal mereka lebih aman untuk bersandar,” Ucap Ansar.

Mantan wakil Bupati Sikka ini, menjelaskan Pembangunan tambatan perahu ini dalam rangka untuk meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan sehingga para nelayan lebih semangat lagi menangkap ikan di laut,tentunya pendapatan mereka juga akan meningkat.

Ia berharap agar masyarakat  menjaga fasilitas tambatan perahu dan kebersihan pantai tetap terjaga dengan baik sekaligus dalam menangkap ikan masyarakat jangan menggunakan bom sehingga tidak merusak terumbu karang yang ada.

Acara pembukaan peresmian Tambatan Perahu

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sikka Rafael raga meminta agar masyarakat menjaga dan merawat dengan baik bangunan tambatan perahu ini. Pembangunan tambatan perahu ini menggunakan dana alokasi umum yang bersumber dari APBN .Pembagunan tambatan perahu ini juga menjadi Program Presiden Jokowi dalam meningkatkan kesejahteraan para nelayan.

“Kita harus berbangga karena tambatan perahu hari ini, bisa diresmikan oleh Bupati Sikka, Fasilitas yang sudah di bangun menjadi tanggung jawab kita semua, mari kita semua menjaga fasilitas ini dengan baik,” Kata Politisi Golkar ini.

Pembangunan tambatan Perahu ini, berdasarkan usulan dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sikka dengan menggunakan dana yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) tahun 2016 dengan anggaran  Sebesar Rp 1.288.902.000 yang dikerjakan oleh kontraktor Pelaksana CV. Bison Manara Perkasa.

Peresmian tambatan perahu ini juga dihadiri oleh, Wakil Bupati Sikka, Poulus Nong Susar, Kepala dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sikka, Agustinus Boy Satrio, Pimpinan Forkompida Kabupaten Sikka, Camat Kangar Yahanes Yanto kliwon dan seluruh masyarakat Dusun Waipare.

(nga)

 

LEAVE A REPLY