Tingkatkan Layanan Publik, Pemkot Ternate Lakukan Survey Kepuasan

Tingkatkan Layanan Publik, Pemkot Ternate Lakukan Survey Kepuasan

157
0
BERBAGI
Kabag Bina Administrasi Pembangunan Setda Kota Ternate Sutopo Abdullah

Ternate (M. Sindoraya) – Mulai bulan April nanti Pemkot Ternate melalui Bagian Bina Administrasi Pembangunan Setda Kota Ternate akan melakukan survey di masyarakat dalam wilayah kota Ternate.

Survey ini dilakukan dalam rangka mengukur kepuasan masyarakat terhadap setiap kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Ternate, dari hasil survey yang dilakukan itu nantinya menjadi dasar bagi Pemkot Ternate dalam menentukan setiap kebijakan dimasa yang akan datang.

“Salah satu program yang kita lakukan adalah kita akan mengukur sejauh mana tanggapan masyarakat terhadap pemerintah kota Ternate, dan tanggapan itu berkaitan dengan pelayanan Pemkot kepada masyarakat selama ini,” kata Kabag Bina Administrasi Pembangunan Setda Kota Ternate Sutopo Abdullah, Selasa (7/3/2017).

Menurut Sutopo, survey itu nantinya menjadi masukan bagi pemerintah langkah yang akan dilakukan ke depan sehingga kebijakan yang akan dilakukan itu memiliki landasan referensi yang cukup untuk itu, dan survey yang akan dilakukan ini dengan tujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat di wilayah Kota Ternate, termasuk Moti, Hiri dan Batang Dua.

“Tanggapan masyarakat itu akan kita sampaikan ke Walikota maupun DPRD sebagai informasi bagi kita semua pemangku kepentingan di daerah ini, untuk mengetahui hal tertentu di masyarakat sudah baik atau belum, dan yang pasti tanggapan masyarakat itu menjadi catatan bagi kami,” katanya.

Ditambahkan Sutopo, dari survey yang dilakukan itu nanti akan dipresentasikan bahkan dipublikasi melalui media, sehingga survey ini juga menjadi ukuran bagi Pemkot Ternate, sesuai dengan realitas yang ada, pihaknya sendiri kata dia akan bekerja sama dengan lembaga survey. Apapun hasilnya, kota tetap merekomendasikan itu.

“Jadi semua hal yang dilakukan itu harus menjamin kepuasan publik, dan program yang dilakukan itu diarahkan untuk kepentingan publik olehnya itu kita membutuhkan respon publik, bisa saja program sudah bagus tapi realisasi tidak jalan dan itu yang akan kita evaluasi karena itu menjadi catatan bagi pemerintah dan stakeholder yang lain, sebab apa yang dibuat itu akan diidentifikasi,” jelas dia.

Pihaknya sendiri berkeinginan survey ini dilakukan pada semua sektor pelayanan dasar baik itu pendidikan, air bersih, kesehatan dan lingkungan, bahkan survey yang dilakukan nanti akan memiliki indikator penilaian agar lebih terukur.

“Karena survey ini nanti melihat jika ada hal tertentu yang belum maksimal maka dapat memacu kita untuk terus bekerja. Jika masih ada kendala maka rumusannya bisa jadi keliru yang harus di rubah”, ucap dia. Sembari mengatakan survey yang dilakukan ini dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Sumber : RRI/red

LEAVE A REPLY