DKP Malut Tetap Perhatikan Sipi Nelayan

DKP Malut Tetap Perhatikan Sipi Nelayan

134
0
BERBAGI
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Malut Buyung Rajiloen

 

Malut (M Sindoraya) –  Sebanyak 18 Kapala nelayan akan kembali beroperasi melakukan penangkapan ikan di perairan Malut, sebab dari jumalah tersebut sebelumnya tidak beroperasi akibat Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) sudah berkahir, dan itu akan dilakukan perpanjangan. Dari data sementara sebanyak 10 kapal sudah melunasi Php sementara 8 kapal lainya masih dalam tahapan kroscek fisik kapal.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Malut Buyung Rajiloen kepada M Sindoraya Rabu (8/3) mengatakan proses pengurusan SIPI ini diambil alih Kementrian Kelautan dan Perikanan, daerah hanya mendorong agar proses ijin sipi di pusat bisa berjalan cepat karena ini kewenangan pusat. DKP malug akan memantau terus perkembanban 18 sipi, kalaupun ada kendala bisa dikomumikasikan sehingga dapat diberikan petunjuk.

Lanjut Buyung, mekanisme penerbitan sipi di pusat ini bisa di sederhanakan sehingga tidak terkesan berbelit-belit dan susah pengurusannya kasian nelayan kita karena prosedur ijin ini sangat menghambat aktifitas nelayan termasuk di Maluku Utara. Urusan ini sepenuhnya kewenangan pusat jadi tugas dinas di daerah hanya sebatas koordinasi.

Dirinya berharap proses pengurusan Sipi secepatnya dapat diselesaikan dalam waktu dekat, sehingg nelayan yang sebelumnya tidak beraktifitas kembali menjalankan profesi sebagai nelayan. Kalau dibiarkan nelayan tersebut akan tidak lagi memiliki lapangan pekerjaan, katanya.

(nwr)

LEAVE A REPLY