Prajurit Lantamal V Jajal Lapangan Tembak J.W. Kainama

Prajurit Lantamal V Jajal Lapangan Tembak J.W. Kainama

167
0
BERBAGI

Surabaya (M. Sindoraya) – Sekitar  120 orang prajurit Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) mendapat kesempatan menjajal lapangan tembak baru,  J.W. Kainama,  Lantamal V yang berlokasi di lahan TNI AL Pesapen Jl. Kalianak Timur Morokrembangan, Surabaya, rabu (8/3).

Sebelum menjajal Lapbak yang diresmikan KSAL Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P pada tanggal 24 Januari 2017 lalu ini, para peserta lebih dulu mendapat pembekalan teknis secara singkat tentang pistol dan senjata laras panjang tipe SS1,  serta cara menembak yang benar dan tepat.
Materi pembekalan disampaikan langsung Kapten Marinir Abdul Malik, yang kesehariaannya berdinas di Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan atau Yonmarhanlan Lantamal V, yang berlokasi di Hang Tuah, DBAL.

Dalam kesempatan tersebut, Malik- sapaan akrab pelatih menembak ini juga memberikan tips yang disebut NARITATA, akronim dari Napas, Rileks, Tarik dan Tembak. Adapun maksud tips tersebut ungkap Malik, yakni tarik napas mendalam diikuti dengan sikap rileks, lalu kemudian tarik picu senjata secara perlahan sembari mencari titik bidik yang tepat.

“ Saat menarik picu disarankan menggunakan sisi tengah telunjuk tangan kanan. Tapi ingat sebelumnya telunjuk agar berada diluar pelatuk saat masih persiapan, lalu kemudian tarik nafas mendalam dan buang secara perlahan sambil mencari posisi yang tepat. Setelah itu tarik picu perlahan dengan bagian tengah telunjuk, dan tembakan jika titik bidik telah tepat. Satu hal yang perlu diketahui, dalam menembak laras panjang maupun pendek kita tidak boleh memaksakan menarik picu supaya senjata meletus. Sebaliknya kita tarik picu secara halus dan perlahan sehingga kita tidak sadar jika senjata meletus, maka peluru akan mengenai sasaran dengan tepat,” beber Malik dihadapan peserta.

Namun karena waktu yang tidak mencukupi, maka kesempatan untuk menjajal Lapbak JW Kainama dengan senjata SS1 hanya diberikan kepada separuh peserta latihan. Sebanyak 40 prajurit berlatih menembak dengan tiga posisi, yakni Tiarap, Duduk, dan Berdiri dengan 10 butir peluru ditiap posisi.
Sebagaimana pernah diberitakan jika lapangan tembak J.W. Kainama ini merupakan fasilitas pertama yang telah dibangun diatas lahan milik TNI AL, yang memiliki nilai strategisdalam upaya mendukung tugas pokok dan fungsi TNI AL.

Sementara nama J.W. Kainama sendiri diambil dari seorang prajurit lulusan AAL angkatan ke-14 tahun 1968 dengan pangkat terakhir Kolonel Marinir, yang memiliki segudang prestasi luar biasa dibidang menembak.
Lapangan tembak J.W. Kainama memiliki panjang 150 M, dengan lebar 50 M dan terdapat beberapa fasilitas seperti ruang lobby. Ruang VIP,ruang kelas I dan II, Kantor, Gudang, Tribun penonton, lorong tinjau, serta toilet.

(nawi)

LEAVE A REPLY