105 Orang Calon Pramuka Saka Bahari Daerah Bali Dilantik Oleh Komandan Lanal...

105 Orang Calon Pramuka Saka Bahari Daerah Bali Dilantik Oleh Komandan Lanal Denpasar

204
0
BERBAGI
 
 
Denpasar (M. Sindoraya) – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar, Lantamal V yang juga Ketua Majelis Pembina Saka (Kambinsaka) Pramuka Saka Bahari Kwartir Daerah Pramuka Bali, Kolonel Laut (P) GB. Oka didampingi Paspotmar Kapten Laut (KH) Dewa Ketut Dana Susila melantik 105 anggota baru Pramuka Satuan Karya (Saka) Bahari Angkatan ke XIV tahun 2017 di Gedung Serba Guna IGP. Dwinda Mako Lanal Denpasar, Jalan Raya Sesetan  Denpasar Bali, minggu (12/03).  
Ke-105 anggota baru Pramuka Saka Bahari tersebut, berasal dari pramuka Saka bahari binaan Staf Potmar Lanal Denpasar yang berasal dari sekolah-sekolah yang berada di wilayah kota Denpasar, Kabupaten Badung, Gianyar dan Tabanan. 
Dalam pelantikan itu, Danlanal  menyematkan badge Saka Bahari kepada dua perwakilan anggota Pramuka. Selain itu seluruh peserta pelantikan juga menerima siraman adat Bahari yang dilakukan oleh Danlanal Denpasar dan beberapa Pembina Pramuka Saka Bahari lainnya. 
Dalam sambutannya orang nomor satu di Lanal Denpasar ini menyampaikan, kegiatan saka merupakan kegiatan kepramukaan, sebagai tempat untuk menyalurkan minat dan bakat bagi para pemuda Indonesia, yakni pada golongan Pramuka Penegak dan Pandega.  

Saka Bahari merupakan binaan dari TNI AL, sebagai salah satu wadah nasional Gerakan Pramuka dan merupakn komponen cadangan yang berasal dari sumber daya manusia, yang implementasinya mengacu pada Undang-Undang Dasar Negara RI tangun 1945, tentang hak dan kewajiban seluruh warga negara dalam upaya bela negara. 

Sejak tahun 2006, Lanal Denpasar memberikan kesempatan terhadap pembinaan Pramuka Saka Bahari untuk turut aktif dalam beberapa kegiatan Nasional contohnya seperti kegiatan Pelantara. Menurut Danlanal, kegiatan ini sengaja digelar, sebagai bentuk kerja sama dan dukungan Lanal Denpasar terhadap program Pemerintah Daerah Provinsi Bali dalam rangka mendukung kegiatan Kepemudaan.  
Diakhir sambutannya Danlanal Denpasar mengucapkan selamat kepada para peserta dan selamat bergabung dengan Pramuka Saka Bahari Daerah Bali, semoga dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.  
Sebelum kegiatan pelantikan anggota Saka Bahari dilaksanakan, yaitu dimulai pada hari Jumat tanggal 10 Maret 2017 ke 105 calon Saka Bahari selama 3 (tiga) hari mendapakan pembekalan tentang kebaharian oleh Paspotmar, pengenalan selam dasar di kolam renang Prajaraksaka oleh Kopda Ttu Made Sumardika (Ur. SBJ), Latihan semaphore dan PBB oleh Peltu Mar Kadek Sukarta (Ur. Bindesir), dan terakhir Outbond ke Pantai Merta Sari Sanur Denpasar diisi dengan makan nasi Komando. 
Kegiatan Saka bahari berakhir hari Minggu 12 Maret 2017 dengan acara pelantikan anggota Saka Bahari oleh Komandan Lanal Denpasar serta peresmian Sanggar Saka Bahari yang baru selesai dibangun dengan pemotongan pita dan pemotongan tumpeng.
(Dispen Lantamal V / nawi)

LEAVE A REPLY