Waspada TKA Ilegal, Disnakertrans Lamongan Gandeng TNI-Polri, Sosialisasikan Tata Cara Penggunaan TKA

Waspada TKA Ilegal, Disnakertrans Lamongan Gandeng TNI-Polri, Sosialisasikan Tata Cara Penggunaan TKA

228
0
BERBAGI

LAMONGAN (M. Sindoraya) – Maraknya Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal yang masuk ke Indonesia akhir-akhir ini, menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Kabupaten Lamongan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan menggandeng TNI dan Polri, untuk menyelenggarakan kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan tata cara penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) tahun 2017, Selasa, (14/03).

Acara tersebut dilaksanakan di ruang pertemuan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan, yang berada di jalan Jaksa Agung Suprapto dengan di hadiri kurang lebih 50 peserta yang berasal dari perwakilan perusahaan-perusahaan se Kabupaten Lamongan

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Disnakertrans Lamongan, Moh. Kamil, Pasi Intel Kodim 0812 Lamongan, Lettu Inf. Ali Mahmud, Kasat Intel Polres Lamongan, AKP. Slamet Riyadi, Kabid Tenaga Kerja dan Jamsostek, Lailatul, dan Kasi Penempatan Tenaga Kerja, Mas’ud Hidayat sebagai pembicara kegiatan sosialisasi

Dalam sambutan yang disampaikan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan, Moh. Kamil, menjelaskan, “Masalah TKA adalah masalah bersama,  dengan banyaknya perusahaan di Kabupaten Lamongan diharapkan tenaga kerja lokal menjadi tenaga prioritas,” terangnya

Kamil juga menghimbau kepada perusahaan-perusahaan​ yang ada di Kabupaten​ Lamongan agar benar- benar menyaring tenaga asing yang masuk.

“jangan sampai ada tenaga asing yang masuk tanpa surat keterangan dari Disnakertrans setempat,” imbuhnya

Dalam kesempatan itu, Pasi Intel Kodim 0812 Lamongan, Lettu Inf Ali Mahmud, juga menjelaskan dalam sambutannya, “Dalam hal ini Kodim 0812/Lamongan bersama unsur terkait selalu melaksanakan PORA di kawasan perusahaan yang ada di Kabupaten Lamongan,”

Ali juga menghimbau, “Para pemilik perusahaan harus selalu waspada dan antisipasi terhadap TKA yang bekerja diperusahaanya jangan sampai TKA tersebut masuk sebagai Spionase/Agen sehingga dapat mengancam keamanan wilayah negara Indonesia,” tegasnya

Sementara itu, Kasat Intel Polres Lamongan, AKP. Slamet Riyadi, juga menjelaskan tentang peran Polri dalam pengawasan dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan terhadap orang asing.

“Polri selalu melakukan pengawasan atas tindakan-tindakan yang meliputi pemalsuan dokumen, perkawinan campuran,  penyalahgunaan Visa, Cyber Crime, penyelundupan dan perdagangan manusia, pencuriann kekayaan alam, Imigran gelap dan kejahatan. Beberapa hal tersebut perlu untuk diperhatikan sebagai bentuk kerawanan terhadap orang asing,” terang Slamet Riyadi

Sedangkan di puncak acara, kegiatan sosialisasi penjelasan pelaksanaan perundang-undangan penggunaan TKA, di jelaskan oleh Mas’ud Hidayat, selaku Kasi Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Lamongan.

Dalam sosialisasi tersebut, Mas’ud menjelaskan tentang tata cara penggunaan TKA yang meliputi proses pelaksanaan tata cara penggunaan TKA, Izin tinggal terbatas,  perpanjangan izin tinggal terbatas, surat keterangan tempat tinggal pelanggaran dan tindakan hukum, retribusi perpanjangan IMTA dan penegakan peraturan daerah Kabupaten Lamongan.

Mas’ud juga menerangkan tentang pelaksanaan tata cara penggunaan tenaga kerja asing masuk ke Negara Republik Indonesia dibawah oleh sponsor perusahaan dengan memperhatikan persyaratan TKA, rencana penggunaan TKA, Izin memperkerjakan TKA, dana kompensasi penggunaan TKA,  Larangan dan perpanjangan penggunaan TKA.

Hingga pukul 12.50  acara sosialisasi ini digelar dan selesai dengan tertib, lancar dan aman

(Vid)

LEAVE A REPLY