KASAL Beri Kuliah Umum Kepada Mahasiswa Fakultas Hukum Di Undip Semarang

KASAL Beri Kuliah Umum Kepada Mahasiswa Fakultas Hukum Di Undip Semarang

141
0
BERBAGI
Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi,S.E.,M.A.P. memberikan Kuliah Umum kepada Mahasiswa Fakultas Hukum dalam rangka Lustrum Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang yang ke-XII, Rabu (15/3)
 
Semarang (M.Sindoraya) – Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi,S.E.,M.A.P. memberikan Kuliah Umum kepada Mahasiswa Fakultas Hukum yang diikuti sedikitnya 1500 mahasiswa dalam rangka Lustrum Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang yang ke-XII, Rabu (15/3). Kuliah Umum tersebut di gelar di Ruang sidang 304 – 306 lantai 3 FH, Dekanat Fakultas Hukum Undip, Jalan Prof. Sudarto,S.H.
Tampak hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Rektor Undip Prof.Dr.Yos Johan Utama,S.H.,M.Hum., Dekan Fakultas Hukum Prof.Dr.R. Benny Riyanto,S.H.,M.Hum.,C.N., Wakil Rektor-IV Bidang Kerja sama, Dekan Fakuktas Hukum Undip,  Wakil Dekan Fakuktas Hukum Undip, Bapak dan Ibu Dosen Fakuktas Hukum Undip, Apers Kasal, Danlantamal V, Kadisikal, Koorspri Kasal, Kasdam IV /Dip, LO AL Kodam IV/Dip, Dan Lanal Smg, Kadiskum Kormar,  Komandan Komandan KRI,  serta Perwira Staf Lanal Semarang.
Dalam sambutannya Dekan Fakultas Hukum Undip menyampaikan  ucapan  Terima kasih kepada Bapak Kasal yang telah meluangkan waktu guna menghadiri undangan dari Fakultas Hukum Undip untuk sekedar membagi Ilmu yang bermanfaat dalam bidang keamanan laut, Lautan yang  sangat luas ini di pastikan akan  banyak ancaman dan gangguan,  sehingga di pandang perlu pencerahan dari Bapak Kasal untuk menangkal gangguan gangguan dari perampokan, terorisme dan pencurian hasil dari laut itu sendiri. Untuk hal tersebut Dekan Fakultas Hukum memohon kepada bapak Kasal agar berkenan memberikan pencerahan.
Di sisi lain Rektor Undip dalam sambutannya  menjelaskan bahwa, dalam menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah bukan mutlak tugas TNI saja, namun lebih dari itu juga merupakan tugas dari pada  mahasiswa semua.
” Dipundakmulah perjuangan para senior seniormu akan kamu lanjutkan, dan kita ketahui bersama  akhir akhir ini sudah berkurang banyak kegiatan para  pencuri ikan dari luar negeri  yang  sengaja mencuri hasil laut di Indonesia, hal tersebut tidak lepas dari  sistem keamanan Laut yang  tangani  TNI-AL  serta di dukung oleh Pemerintahan RI sangat solid,” terang Rektor India. Untuk itu, rektor mengajak para mahasiswa untuk bersama sama mengikuti bersama Kuliah umum yang akan di berikan oleh  Bapak Kasal.
Sebelum menyampaikan Materi Kuliah umumnya, seluruh hadirin di suguhkan dengan pemutaran Film Kembali kejatidiri sebagai bangsa maritim. Film tersebut bermaksud agar seluruh generasi muda Khususnya seluruh mahasiswa yang hadir dalam Kuliah Umum ini mengetahui dan mengerti bahwa bangsa ini adalah bangsa maritim.
Setelah pemutaran Film Dokumenter tersebut, Kasal memberikan Kuliah Umumnya.
Dalam Kuliah umumnya, Ada -sapaan akrab Kasal- menjelaskan bahwa Perairan Indonesia mempunyai potensi yang luar biasa seperti kandungan sumber daya serta letak geografisnya namun disamping potensi yang luar biasa banyak juga tantangan ancaman yang muncul sangat besar dan komplek untuk itu Jaminan keamanan dan penegakan hukum dilaut merupakan salah satu tugas TNI AL, untuk itu TNI AL bertekat akan tetap selalu menjaga kedaulatan NKRI serta tetap menjaga keamanan laut guna mendukung Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.
Untuk itu Kasal meminta kepada seluruh Mahasiswa yang hadir ini untuk belajar dengan sungguh sungguh agar kelak setelah Lulus nanti bisa berbuat guna kepentingan pertahanan NKRI, NKRI adalah harga Mati. Mengakhiri Kuliah umumnya Bapak Kasal berpesan kepada seluruh peserta untuk selalu memohon kepada Allah SWT agar apa yang menjadi cita cita dari pada Mahasiswa bisa terkabul sesuai dengan keinginan.
(Dispen Lantamal V / nawi)

LEAVE A REPLY