Komandan Lantamal V Hadiri Sertijab Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim Lantamal V

Komandan Lantamal V Hadiri Sertijab Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim Lantamal V

164
0
BERBAGI
Surabaya (M.Sindoraya) – Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E., M. M., menhadiri upacara serah terima jabatan Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim yang dihelat di dermaga Madura, Ujung, Surabaya, Senin (20/3).
Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S. H., M. AP. , memimpin langsung Sertijab Danguspurlatim yang digelar dengan upacara militer dengan Komandan Upacara Letkol Laut (P) Djawara Hery Twies Whimbo (Dan KRI Teluk Ende-517).
Jabatan Danguspurlatim diserahterimakan Laksma TNI Dadi Hartanto,  M. Tr (Han) kepada Kolonel  Laut (P)  Rachmat Jayadi yang sebelumnya menjabat Asops Pangarmaim. Selain Sertijab Danguspurlatim, dalam kesempatan tersebut juga dilangsungkan Sertijab Dan Satfib Koarmatim dari Kolonel  Laut (P) Erwin S Aldhedarma, SE kepada Kolonel Laut (P)  Retiono Kunto,  SE.
Tampak hadir dalam kegiatan tersebut  Kasarmatim, Danguskamlatim, Danlantamal Wilayah Timur, Para Sahli Pangarmatim, para Kasatlak Koarmatim dan undangan lainnya.
Pangarmatim dalam amanatnya menyampaikan, bahwa dalam rangka pembangunan kekuatan TNI AL dan dihadapkan kepada berbagai keterbatasan yang ada tentunya menuntut konsekwensi kepada seluruh prajurit untuk menyikapi melalui upaya-upaya positif dengan pengembangan diri secara terus menerus, meningkatkan kwalitas dan profesionalisme sebagai pengawak organisasi. Hal ini menuntut peran yang nyata  dari tiap tiap satuan sebagai komando pelaksana pembinaan.
Lebih lanjut mantan Pangkolinlamil ini pun mengungkapkan, jika Koarmatim sebagai kotama pembinaan dan operasional dalam penegakan kedaulatan dan hukum dilaut yurisdiksi nasional maka satuan-satuan yang ada dijajaran Koarmatim dituntut untuk mampu meningkatkan pembinaan fungsi dalam lingkungan masing-masing.
Kepada Dan Guspurlatim, Pangarmatim menyampaikan beberapa penekanan untuk di pedomi dan dilaksanakan dalam melaksanakan tugas yang baru sebagai Dan Guspurlatim  antara lain, selalu tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa, pegang teguh dan amalkan nilai luhur Trisila TNI AL, laksanakan operasi laut dalam bentuk patroli  Gugus tempur laut, tingkatkan pengetahuan dan profesionlisme dalam bidang hukum di laut serta tingkatkan disiplin, hierarki dan kehormatan militer prajurit.
Secara umum dapat dikatakan bahwa tolak ukur keberhasilan tugas, sangat ditentukan oleh keberhasilan seorang komandan dalam memelihara dan kesiapan operasional unsur organiknya sehingga memiliki kemamapuan sesuai dengan asasinya. Para Komandan harus mampu menyelenggarakan peran dan fungsinya secara optimal dan cermat dalam menentukan prioritas sasaran, sehingga dapat dicapai keberhasilan pelaksanaan tugas dengan resiko yang sekecil mungkin.
Selain penyiapan Alutsista  dalam rangka memenuhi tuntutan kebutuhan operasi dan latihan, yang tidak kalah penting keberhasilan membina disiplin Prajurit dan terpenuhinya hak-hak Prajurit, merupakan faktor yang ikut menentukan dalam menunjang kelancaran pelaksanaan tugas.
(Dispen Lantamal V / nawi)

LEAVE A REPLY