34 Personel Lantamal V Ikuti Pelatihan Selam Dasar

34 Personel Lantamal V Ikuti Pelatihan Selam Dasar

175
0
BERBAGI
Surabaya (M.Sindoraya) – Sebanyak 34 orang prajurit Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) yang terdiri dari militer dan pegawai negeri sipil (PNS) mengikuti pelatihan Selam Dasar Scuba Diver One Star Possi yang digelar Dinas Potensi Maritim Lantamal V di Gedung Serba Guna, Mako lantamal V, Surabaya, Rabu (22/3).
 
Selain personel Lantamal V, pelatihan selam dasar yang dikemas dalam program Latihan Dalam Dinas ini diikuti juga beberapa orang perwakilan anggota Saka Bahari dari SMA Hangtuah-5 Sidoarjo dan SMK KAL-2 Surabaya.
Menurut Kadispotmar Letkol Laut (P) Didik Dhuwijantoko dalam amanatnya yang dibacakan Kasubdis Progla Dispotmar Lantamal V  Mayor Laut (P) Teguh Rubiyanto mengatakan bahwa Pelatihan Selam Dasar Scuba Diver One Star  Possi bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar  tentang cara atau tehnik menyelam yang benar sesuai dengan prosedur penyelaman.
Disamping itu, kegiatan ini diharapkan terampil menyelam dan mampu menumbuhkan kecintaan terhadap laut terutama pada anggota Saka Bahari sebagai generasi penerus bangsa. Di laut banyak lanjutnya, menyimpan potensi sumber daya alam yang sangat berlimpah baik diatas laut maupun di dasar laut.
Sehubungan dengan pelatihan menyelam, para peserta diberikan pengetahuan bagaimana kita menjaga potensial biota laut yang begitu indah dimana terhadap tumbuhan dan hewan laut yang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dimana nantinya dapat berguna untuk kebuthan hidup masyarakat nelayan pada khusunya dan masyarakat luas pada umumnya.  
Selain biota laut yang baik, peserta juga diperlihatkan dampak pengerusakan terumbu karang yang dirusak oleh oknum orang yang tidak memiliki pengetahuan dan tidak bertanggungjawab. Dinas Potensi Maritim Lantamal V  dalam hal ini sudah memberikan kontribusi terbaik terhadap perusakan terumbu karang dengan melakukan kegiatan akbar dengan cara mentrasplantasi terumbu karang serta menanamnya di area/spot yang mengalami pengerusakan yang sangat parah diseluruh wilayah kerjanya.  
Selama dua hari pelatihan, para peserta akan menerima pelajaran teori-teori di kelas kemudian pelajaran praktek tahap kolam. Pada puncak latihan kepada para peserta pelatihan  dapat merasakan bagaimana cara menyelam yang baik sesuai dengan prosedur dimana menyelam kebawah laut kedalaman 10 meter.
(Dispen Lantamal V / nawi)

LEAVE A REPLY