DPRD Malut Minta Pemda Tertibkan KTP

DPRD Malut Minta Pemda Tertibkan KTP

123
0
BERBAGI
Ir. IKRAM HARIS. AR, WAKIL KETUA DPRD MALUT


Malut (M. Sindoraya)Р Diminta kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepala Kelurahan/Kepala Desa setempat, untuk dapat melakukan penertiban Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga dan Surat.

Hal ini penting dilakukan untuk mencegah kebiasaan-kebiasan yang terjadi ditahun-tahun kemarin, dimana calon peserta polri yang berasal dari provinsi lain masuk dan mengikuti seleksi di Maluku Utara, karena pertimbangan terbukanya peluang lebih dibandingkan dengan provinsi lain, ungkap Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Malut Ikram haris kepada wartawan Rabu (29/3).

Dari Persyaratan Khusus tersebut, tergambar bahwa ada semangat untuk mengutamakan Putra Daerah wilayah setempat. Olehnya itu pemerintah setempat untuk tidak gampang mengeluarkan surat dominsili penduduk yang bukan asli Maluku Utara, karena  purta dan putri daerah juga berkeinginan yang sama.

Oleh karena itu, sangat diharapkan peran dan perhatian serius dari Pemerintah Daerah Kab/Kota lewat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepala Kelurahan/Kepala Desa setempat, khususnya terkait dengan penerbitan KTP, Kartu Keluarga dan Surat

Mengacu pada salah satu Persyaratan Umum bahwa ketentuan usia minimal peserta seleksi untuk pendidikan tamatan SMA adalah 18 tahun, terhitung saat dilantik menjadi Anggota Polri,cetusnya.

Itu artinya, peserta yang memiliki Ijazah SMA diluar Maluku Utara tidak mungkin dapat memiliki KTP domisili Maluku Utara dengan lama domisili lebih dari 2 Tahun. Kalau sampai hal itu terjadi berarti ada yang tidak beres dalam proses tersebut,ujarnya.

Diharapkan pihak Polri dalam hal ini baik Polres maupun Polda selektif betul dalam melaksanakan proses penerimaan, juga peran aktif Pemerintah Daerah sangat penting dengan harapan putra-putri kita yang ada di Maluku Utara memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa lulus dalam seleksi Polri tersebut, katanya

(ces)

LEAVE A REPLY