TNI-AL Ledakan Dua Kapal Asing

TNI-AL Ledakan Dua Kapal Asing

161
0
BERBAGI
Danlanal Ternate Kolonel Laut Rizaldi

 

SOFIFI (M.Sindoraya) – Hasil tangkapan dua kapal asing yang diamankan tahun 2016 akhirnya diledakan. Peledakan dilakukan TNI Angkatan Laut (AL) Ternate dipusatkan di perairan perbatasan Kota ternate dan Tidore Kepulauan (Tikep) Sabtu (1/4) pukul 12.25 WIT.

Kapal yang ditenggelamkan dengan menggunakan alat peledak (bom) dibagian badan bodi, peledakan kapal tersebut disaksikan langsung Danlanal Ternate Kolonel Laut Rizaldi,Kapolres Ternate Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Kamal Bahtian, kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Malut Buyung Rajiloen serta unsur muspida lainya.

Danlanal Ternate Kolonel Laut Rizaldi kepada wartawan usai peledakan kapal mengatakan, peledakan dua kapal nelayan asing dilaksanakan berdasarkan perintah Menteri Kelautan dan Perikana (KP) Susi Pudjiastuti. Kedua pala asing ini berasal nari Negara asing Philipina yang melakukan illegal fishing di perairan Maluku Utara umunya Indonesia.

Dua kapal nelayan asing diledakkan

Kedua kapal tersebut masing-masing FB Rashell 105 GT dan FB Yanreyd 88 GT. Bom TNT dinamic dan peledak rakitan Komando Pasukan Khusus TNI AL, kegiatan pemusnahan kapal dilakukan secara serentak  dari sabang sampai merauke dan dipimpin langsung  dan dipantau langsung menteri KP Republik Indonesia dari pusat pengendalian pemusnahan di Ambon.

Menurut Rizaldi, dua kapal yang di ledakan itu berjarak kurang lebih 100 meter dari pesisir dengan kedalaman 70 meter. Kapal yang tenggelang didasar laut tidak akan mengganggu pelayaran  dan bahaya nafigasi.” Dipastikan karangka kapal tidak akan muncul di permukaan dan sudah di posisikan piodnya dilintang bujur.

Kata dia, lokasi pengeboman dua kapal tersebut akan dipasang pelampung sebagai tanda ada kapal yang ditenggelamkan. Hal ini juga akan dilaporkan ke dinas hidrogafi untuk diplot kedalam peta bawa laut diperaira Ternate, dengan adanya tenggelamnya kapal asing,

(nwr)

LEAVE A REPLY