Ombudsman Malut Pantau Ujian UNBK

Ombudsman Malut Pantau Ujian UNBK

153
0
BERBAGI

 

TERNATE (M. Sindoraya) – Ombudsman Perwakilan Malut memantau secara langsung Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Malut khususnya di Kota Ternate sebanyak 3 SMK yang dikunjungi Senin (3/4).

Kelapa Perwakilan Ombudsman Malut, Sofyan Ali Kepada Media Sindoraya di ruang kerjanya Senin (3/4) mengatakan, tiga Sekolah yakni  SMK di Kota Ternate yakni, SMK 1, SMK 5, dan SMK Putra Bahari untuk itu, menemukan beberapa hal saat menjalankan UNBK, diantaranya SMK 5 pelanggaran tata terib yakni sebagian siswa dan pengawas masih menggunakan HP di ruang belajar

” Ombusman : Ada Beberapa Pelanggaran dalam Ujian “

Selain itu juga terdapat satu ruangan mengalami keterlambatan lantaran jaringan yang tidak bermasalah hingga menunggu 45 menit kemudian melanjutkan ujian tersebut. temuanya di SMK Putra Bahari jumlah siswa yang melebihi dalam satu ruangan, siswa dalam 1 ruangan itu ketentuan hanya 20 peserta dalam 1 ruangan ujian.

Lanjut dia,  menyesalkan kepada panitia pelaksana UNBK Provinsi Malut, tidak memantau dan tidak memberikan saran dan masukan terkait dengan kondisi ini. Sangat merugikan kepada siswa-siswi yang mengikuti ujian,

Jumlah Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) di Malut sebanyak 34 Sekolah. Siswa yang mengikuti UNBK sebanyak 2,524 peserta. Diantaranya SMK di Kota Ternate 9 Sekolah jumlah 921 siswa, Kota Tidore 6 sekolah jumlah 405 siswa, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) 10 sekolah jumlah 686 peserta, Halsel 3 sekolah jumlah 140 peserta, Halteng 1 sekolah jumlah 63, Kepulauan Sula 1 sekolah jumlah 133, dan Morotai 1 sekolah total 25 dan di dua kabupaten yakni Haltim dan Taliabu belum memiliki SMK sehingga tidak ada dalam daftar UNBK.

Pihaknya meminta kepada pihak PLN dan Diknas Pendidikan Provinsi  untuk berkerjasama menjalankan UNBK. Dapat mengantisipasi terjadinya pemadaman lampu, dan tidak menganggu jalannya ujian. ” Kami berharap dalam beberapa hari kedepan tidak ada padaman lampu dari pihak PLN. Sebab Siswa-Siswi di Malut sementara mengikuti UNBK. jelas Sofan.

(sdn)

LEAVE A REPLY