2 SMK Di Kota Ternate Tidak Layak Mengikuti UNBK

2 SMK Di Kota Ternate Tidak Layak Mengikuti UNBK

182
0
BERBAGI

 

TERNATE (M. Sindoraya) – Terdapat  dua sekolah Menegah Kejuruan (SMK) di Kota Ternate yang dinilai  tidak layak mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dua sekolah dinataranya SMK Bina Kartika dan SMK Putra Bahari.

Kepala Perwakilan Ombudsman Malut, Sofyan Ali kepada Media. Sindoraya Rabu (5/4) mengatakan dua SMK di Kota Ternate nampaknya tidak layak mengikuti UNBK. Hasil  pantau lapangan ujian hari ke 3 menemukan ruangan SMK Bina Kartika tidak layak di gunakan sebab ruangan ujian dimana satu ruangan melebihi dari pedoman yang sudah ditetapkan

Lanjut dia, temuan seperti ini juga sebelumnya terjadi di SMK Putra Bahari dan SMK Bina Kartika Informatika, kapasitas sudah ditetapkan Badan Standar Nasional pendidikan (BSNP) Pusat, “ kami akan melaporkan pusat bila tidak ada tanggapan dari panitia pelaksana UNBK Provinsi.

Kata dia, mekanisme pelaksana ujian sudah di beritahukan  masing-masing sekolah yang mengikuti ujian komputer, dan satu ruangan sesuai ketentuan iu sebanyak 20 siswa bukan lebih. Hal ini yang membuat ke tidak nyamannya siswa saat ujian.

Menurut Sofyan, tempat duduk peserta berdempetan dan itu saling mengganggu  peserta. Posisi ruangan ujian yang tidak dapat dipantau karena tertutup rapat tanpa jendela yang bisa pergunakan sebagai tempat pemantauan, juga tidak memiliki alat pemantau seperti CCTV, sehingga ketika pintu ruangan tertutup maka tidak ada lagi yang dapat memantau kejadian di dalam ruangan.

“ Harusnya ruang ujian memiliki CCTV dan jendela agar saat siswa mengerjakan ujian bisa di pantau dari jendela maupun CCTV. Sangat tidak layak apabila tempat duduk peserta berdekatan, sama halnya peserta ujian saling tukar menukar jawaban atara satu dan lainya, katanya

(sdn)

LEAVE A REPLY