Dinas Perhubungan Lamongan, Tertibkan Kendaraan yang Parkir Sembarangan

Dinas Perhubungan Lamongan, Tertibkan Kendaraan yang Parkir Sembarangan

185
0
BERBAGI

Lamongan (M. Sindoraya) – Fungsi trotoar saat ini masih banyak disalahgunakan oleh sebagian besar masyarakat, khusus nya pemilik kendaraan roda dua yang masih suka memarkir kendaraannya di atas trotoar. Tak hanya itu, juga masih banyak pemilik usaha yang berada di daerah perkotaan yang menggunakan trotoar sebagai tempat untuk menaruh peralatan usahanya sehingga pejalan kaki harus mengalah dengan berjalan dipinggir jalan. Selain kedua hal tersebut, juga masih banyak terlihat para pengendara kendaraan roda empat melakukan parkir berlawanan arah di pinggir jalan. Sehingga nampak kondisi jalanan yang semrawut.

Mengatasi hal tersebut, Dinas Perhubungan Kabupaten Lamongan melaksanakan penertiban parkir dan trotoar yang dilaksanakan di sepanjang jalan Basuki Rahmat, jalan Sunan Drajat dan jalan Lamongrejo, Kamis (06/04)

“Hari ini kami lakukan penertiban dengan langkah awal kami lakukan sosialisasi dulu terhadap para pemilik usaha yang masih banyak menggunakan trotoar dengan memasang peralatan peralatan tokonya, seperti kursi, papan nama dan sebagainya. Juga kami tertibkan kendaraan kendaraan roda dua yang diparkir di atas trotoar. Karena itu dapat mengganggu pejalan kaki sehingga mereka harus mengalah dengan berjalan dipinggir jalan yang bisa saja mengancam keselamatan mereka dan pengendara kendaraan yang melintas,” ungkap Toni Ari, dinas Perhubungan Lamongan

Selain itu petugas juga menertibkan kendaraan roda empat yang parkir berlawanan arah, yang bisa menghambat laju lalu lintas dan membuat pandangan jalan terlihat semrawut.

“Untuk saat ini kami hanya lakukan peringatan, tapi selanjutnya kami akan tindak tegas bagi kendaraan kendaraan yang tidak sesuai dengan posisi parkirnya,” imbuh Ari

Dinas Perhubungan Kabupaten Lamongan melakukan upaya tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, sepanjang jalan Basuki Rahmat, jalan Lamongrejo dan Jalan Sunan Drajat, arus lalu lintas sering terhambat dengan pejalan kaki yang berjalan di pinggir jalan, karena mereka tak memiliki ruang untuk jalan di trotoar yang tertutup oleh kelengkapan pemilik usaha dan kendaraan roda dua yang diparkir di atas trotoar. Selain itu pengendara kendaraan roda  empat juga banyak yang memarkir kendaraan nya berlawanan arah, sehingga dalam posisi menyeberang mereka menghambat laju kendaraan yang melintas.

(Rid)

LEAVE A REPLY