Kemenpar Apresiasi Launching Festival Tidore 2017 di Jakarta

Kemenpar Apresiasi Launching Festival Tidore 2017 di Jakarta

196
0
BERBAGI

 

Tidore (M.Sindoraya) – Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Tidore Kepualauan yang ke-909 tahun 2017. Kementerian Pariwisata sangat mendukung acara launching festival yang dipusatkan Balairoom Seosilo Seodarman Kemenpar Jakarta Rabu malam (5/4).

Dalam sambutanya Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan budaya dan alam Tidore sangat berkelas, apabila dikelolah dengan baik dipastikan mampuh mensejaherakan. “Alam Tidore itu sangat banyak apalagi Budayanya, wisata alam buatan sangat mudah dikembangkan.

“Ada kerajaan itu, sudah pasti memiliki budaya adilihung yang tinggi. Itu yang harus kita lestarikan,” ujarnya”. Meskpun sangat berkelas akan tetapi belum di dukung oleh commercial value-nya, sehingga kekayaan budaya yang ada belum dapat menghasilkan economic value yang kuat. ” Apa salahnya kalu kebudayaan itu mensejahtraakan.” Ujarnya.

Memasuki event  ke-9, festival Tidore masuk sebagai agenda Nasional Kementerian Pariwisata, sehingga acara launching harus dipusatkan di Jakarta. Top event kebudayaan Tidore yang didorong oleh Menteri Pariwisata guna didaftarkan sebagai Kebudayaan Nasional untuk diikutkan dalam Festival Budaya Pesona Indonesia sebanyak 3 Top Event, diantaranya Parade Juanga sebagai top event pertama yang diselenggarakan pada tanggal 10 April 2017 kegiatannya berupa mengelilingi pulau dengan kapal formasi perang oleh sultan dan bala tentaranya.

Perjalanan Paji (11 april 2017) keliling pulau di darat dengan formasi perang menceritakan revolusi Sultan Nuku. Serta Kirab Agung Kesultanan Tidore (11 april 2017), yang akan disinergikan dengan pembukaan museum maritim dunia di Kedaton Tidore. Koreografer kualitas nasional, composer dan arranger nasional dilibatkan, serta designer baju harus minimal sekelas nasional,” ungkap Menpar Arief.

Acara ini do laksanakan setiap tahun dan itu masuk agenda nasional, tentunya sangat cocok untuk mengembangkan dan melestarikan warisan sejarah kesultanan Tidore dan sekaligus mempromosikan Tidore dengan seni, alam dan budaya kesultanan sebagai daya tarik wisataawan, agar berkunjung ke Maluku Utara khususnya Tidore, ujarnya.

Walikota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim sangat berterima kasih h kepada Menteri Pariwisata beserta jajarannya yang telah membantu kesuksesan Launching Festival Tidore 2017. “Kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Menteri Pariwisata yang berkenan membantu kesuksesan acara malam ini.”

Momentum lauching, meneguhkan semangat warga Tidore sebagai bagian dari anak bangsa, untuk secara terus menerus merawat tradisi budaya yang dimiliki. ”Festival ini juga mempertegas jati diri warga tidore untuk mewujudkan visi Kota Tidore sebagai kota jasa berbasis argo marine,” ungkapnya. Sektor Pariwisata di Kota Tidore mencerminkan salah satu misi pemerintah daerah, dengan penguatan pembangunan sosial budaya serta nilai-nilai kearifan lokal, sebagai modal sosial akselerasi pembangunan.

Sehingga pemerintah dengan kesultanan Tidore terus bersinergi untuk menjaga nilai-nilai kearifan lokal agar tidak tergantikan oleh nilai kehidupan baru. “Kesultanan Tidore memberikan andil besar terhadap perkembangan Kota Tidore Kepulaan. Kota Tidore memiliki potensi wisata yang beragam diantaranya, potensi budaya, sejarah, alam serta bahari. Semuanya ini memerlukan pembangunan yang terintegrasi, dan membutuhkan dukungan dari Pemerintah pusat,” ujarnya.

(hrd)

LEAVE A REPLY