133 Siswa SMK di Lamongan, Terpaksa Laksanakan UNBK Susulan

133 Siswa SMK di Lamongan, Terpaksa Laksanakan UNBK Susulan

231
0
BERBAGI

Lamongan (M. Sindoraya) – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan di Lamongan yang sebelumnya di klaim lancar, ternyata masih menemukan permasalahan. Pasalnya, pada hari terakhir Ujian berlangsung, Kamis (06/04), sebanyak 133 siswa dari 7 (tujuh) Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) di Lamongan, terpaksa harus melaksanakan ujian susulan, dikarenakan soal pada halaman 31 tidak muncul.

Ke tujuh sekolah tersebut antara lain, SMK Negeri Sambeng sebanyak 33 siswa, SMK Muhammadiyah 5 Babat sebanyak 37 siswa, SMK NU Karanggeneng sebanyak 26 siswa, SMK Darul Hikmah Tracal sebanyak 6 siswa, SMK NU 5 Babat sebanyak 10 siswa, SMK Negeri Kalitengah sebanyak 4 siswa dan SMK Sunan Drajat Paciran sebanyak 17.

Menurut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur, Sun’ah, kendala tersebut sebenarnya sudah di antisipasi jauh hari sebelumnya, dan sudah di peringatkan agar antisipasi pada hari terakhir.

“Kami sudah ada warning jauh-jauh, kalau hari ke-4 banyak kendala dan semua Kabupaten‚Äč kota. Jadi secara teknis kami sudah siap dan sesuai sop. Namun kendala justru ada di server pusat. Ya itu kita maklumi,” jelas Sun’ah (07/04)

Ditanya terkait apakah kemungkinan adanya dugaan sabotase. Sun’ah menegaskan, “Tidak, karena sudah ada info sebelum nya ada beberapa yang trouble. Jadi tidak mungkin kalau sabotase. Itu memang soalnya yang hilang sebagian berarti memang murni dari pusatnya,” terangnya

Sun’ah menambahkan, kendala tersebut sudah disampaikan oleh tim pusat di beberapa ujian teori kejuruan dan tim pusat juga sudah menyampaikan permintaan maafnya kepada teman teman di sekolah.

“Tim pusat sudah‚Äč menyampaikan permohonan maafnya atas gangguan teknis tersebut, jadi sesuai prosedur yang disampaikan kita harus lakukan ujian susulan. Insyaallah kita lakukan tanggal 18-19 April mendatang dan lokasinya sendiri kita pusatkan jadi satu di kota agar pantauan nya lebih mudah. Namun pada dasarnya UNBK di Lamongan sukses. kalau hari terakhir ada beberapa gagal download itu faktor pusat. Kemungkinan gambar-gambar memory besar se indonesia jadi berat,” imbuh sun’ah

(Vid)

LEAVE A REPLY