Bupati Pacitan Beserta Camat Tegalombo Tinjau Lokasi Longsor Gemaharjo dan Kasihan

Bupati Pacitan Beserta Camat Tegalombo Tinjau Lokasi Longsor Gemaharjo dan Kasihan

229
0
BERBAGI
Bupati pacitan H. Indartato beserta Camat Tegalombo saat sedang meninjau lokasi bencana di desa Gemaharjo dan desa Kasihan, kamis (6/4/2017)

Pacitan (M.Sindoraya) – Sebagai bentuk kepedulian Bupati pacitan H. Indartato terhadap masyarakat yang terkena musibah bencana, ditemani Camat Tegalombo Djoko Putro Utomo, Bupati langsung gerak cepat tinjau lokasi bencana alam tanah longsor di desa Gemaharjo dan Kasihan. Sabtu (8/4/2017)

Ditengah padatnya kegiatan, Bupati pacitan H. Indartato, dirinya tetap meluangkan waktu meninjau lokasi. Disamping turut berbela rasa, Bupati juga memastikan solusi lebih lanjut bagi masyarakat yang terkena musibah bencana.

Dalam agenda tersebut Bupati meninjau jalan yang tertimbun longsor di Desa kasihan Kecamatan tegalombo dan di Desa gemaharjo Kecamatan tegalombo, dikarenakan akses jalan menuju ke desa kasihan Kecamatan Tegalombo lumpuh total akibat tertimbun longsor yang didahului hujan deras kamis sore (6/4/2017) kemarin.

Khusus tanaj longsor yang terjadi di Desa kasihan berakibat putusnya akses jalan menuju ke kecamatan tulakan. Selain itu, jalan ikut terseret martrial longsoran dan amblas hingga menyisakan badan jalan sekitar 1 meter saja.

Pada kesempatan tersebut Bupati pacitan H. Indartato berjanji akan secepatnya melakukan perbaikan, mengingat jalan tersebut merupakan sarana perekonomian masyarakat di dua kecamatan.

“Maka dari itu hari ini saya bawa ahlinya, untuk mengecek lokasi langsung, sehingga penanganan bisa cepat. Karena akses jalan ini adalah jalur angkut perekonomian warga setempat,” kata indartato.

Selain itu Indartato juga menghimbau masyarakat di daerah rawan bencana longsor untuk bersiaga terutama saat hujan deras tiba, terutama bagi warga yang berada di daerah perbukitan dan memiliki kuntur tanah yang labil.

Agar kondisi tanah stabil Pemkab bersama masyarakat dan pemerintah desa masing-masing diharapkan untuk menjaga keberadaan pohon sebagai penahan atau dengan membuat tembok penahan tanah (TPT).

Diharapkan pada pemerintah desa tersebut segera melakukan tindakan pencegahan dengan melibatkan masyarakatnya, karna Kabupaten pacitan merupakan daerah rawan longsor dan banjir, terutama diwilayah daerah perbukitan, pungkas Indartato.

(yuan)

LEAVE A REPLY