Aspers Danlantamal V Menghadiri Rakernis Bintal TNI AL TH 2017

Aspers Danlantamal V Menghadiri Rakernis Bintal TNI AL TH 2017

149
0
BERBAGI
 
Surabaya (M.Sindoraya)Asisten Personel Komandan Labtamal V (Asoers Danlantamal V)  Kolonel Laut (KH) Tresna Kusumawati, S.Pd., M.A.P, menghadiri Rakornis Bintal TNI AL tahun 2017 yang dibuka Kadiswatpersal Laksma TNI IR. Ade Sumadi, M.A.P., di Wispa Juanda, Senin (10/4).
Penyelenggaraan Rakornis Bintal TNI AL 2017 ini,  diawali dengan laporan kesiapan Kasubdisbintal Diswatpersal. Rakornis tersebut dimaksudkan untuk mengevaluasi dan merumuskan program kegiatan pembinaan mental dalam rangka profesionalisme para pembina mental dan rohaniwan TNI AL.
Rakornis Bintal TNI AL kali ini,  mengusung tema “Melalui Rakornis Bintal TNI AL Tahun 2017, Kita Tingkatkan Kinerja Perwira Bintal Dalam Rangka Mendukung, kelancaran pelaksanaan Tugas Pokok TNI AL”.
Menurut Kadiswatpersal, evaluasi kegiatan pembinaan mental bukan saja berorientasi pada materi program semata, melainkan juga pada metode dan sumberdaya manusia yang mengawaki bintal itu sendiri, sehingga kegiatan bintal menjadi kegiatan yang kontributif.
Rakernis Bintal tahun 2017 ini bintal TNI AL diharapkan dapat merumuskan instrumen yang valid untuk mengukur kesiapan mental para prajurit TNI AL dalam menghadapi tantangan tugas baik dalam kegiatan operasi Militer perang maupun kegiatan operasi Militer selain perang.
Para Perwira Bintal TNI AL secara umum, dalam menyikapi situasi dan kondisi serta perubahan yang senantisa terjadi setiap saat. Karena sikap tanggap dan respon yang proaktif merupakan refleksi atau pancaran dari niat, tekat, dan semangat untuk berbuat dan berkarya yang terbaik. Dengan demikian maka Komunitas Bintal TNI AL akan menjadi lebih realistis dan obyektif dalam melaksanakan tugas pokoknya.
Tema tersebut hendaknya dapat dijadikan landasan motivasi seluruh Komunitas Pembina Mental TNI AL, untuk meningkatkan sinergitas dan kinerjanya dalam mendukung tugas TNI AL secara keseluruhan.
Pembinaan  Mental TNI AL merupakan bagian dari pembinaan personel TNI AL terhadap implementasi dari pembinaan kemampuan dan kekuatan TNI AL, yang bertujuan agar setiap prajurit TNI AL dalam setiap tindakannya senantiasa dilandasi moral, semangat, dan kesadaran yang tinggi serta diarahkan untuk membentuk insan prajurit yang bertumpu pada jati dirinya dan terbina secara serasi, selaras dan seimbang antara mental, fisik, dan intelektual, sehingga tingkat kemampuan fisik dan intelektual prajurit dapat ditunjang atau diperkuat dengan moralitas dan semangat kejuangan tangguh.
Oleh karena itu, hakekat ketiga unsur mental, fisik, dan intelektual merupakan satu kesatuan yang terintegrasi secara utuh dan tidak dapat dipisahkan. Pembinaan mental prajurit TNI AL dilaksanakan secara selaras, serasi dan seimbang serta terintegral yang meliputi fungsi Bintal Rohani, Bintal Ideologi, Bintal Tradisi Kejuangan, dan Bintal Psikologi. Hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab para unsur Pimpinan Satuan dibantu para Pabintal, guna meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan pembinaan mental secara terprogram, terpadu, dan berkesinambungan.
Rakornis yang berlangsung 1 (satu) hari, dihadiri oleh Aspers Pangarmatim, Dirpers AAL, Aspers Danpasmar 1, Paban III Ditum Kodiklatal, Dirpers AAL, Kabalurjatim, Aspers Danlantamal V, Kadisminpers Lantamal V, Danlanudal Juanda, para Kasubdis Kotama, para Paroh, Rohaniwan, Baroh dan ASN Pengawak Bintal Wilayah Surabaya.
(Dispen Lantamal V/nawi)

LEAVE A REPLY