Mereka juga ” Merah Putih “

Mereka juga ” Merah Putih “

209
0
BERBAGI
Foto : suhir si polisi cepek, pengemis di Alon Alon lamongan, Mbah Sarpani penjual meenan, dan kakek penjual kipas di Alon Alon Lamongan

Lamongan (M. Sindoraya) – Hak fakir miskin merupakan hak yang esensial dalam zakat. Karena Agama telah menegaskan, bahwa dalam harta kekayaan dan pendapatan yang kita peroleh, ada hak orang-orang miskin di dalamnya. Perlu kita ingat, bahwa harta kekayaan tidak boleh hanya berputar di tangan kelompok kaya saja, melainkan harus berbagi untuk sesama, khususnya fakir miskin.

Fakir miskin juga mempunyai hak dalam kesejahteraan yang meliputi keamanan dan keselamatan hidup. Kesejahteraan merupakan pengertian kemakmuran, yakni satu hal yang menunjukkan keadaan dimana setiap orang baik individu maupun masyarakat, dapat memenuhi kebutuhannya dengan tersedianya barang dan jasa yang dapat diperoleh dengan harga yang relatif murah.

Selain untuk mewujudkan kesejahteraan tersebut, juga dapat memberikan jaminan untuk mendapatkan keadilan, perlakuan sesuai dengan hukum, hak untuk membela dan mempertahankan diri terhadap setiap tuduhan, hak untuk mempertahankan kepentingan pribadi dan kepentingan masyarakat pada umumnya dan hak untuk tidak mematuhi segala perintah dan larangan yang bertentangan dengan hukum tanpa mempersoalkan siapa yang memerintahnya.

Dalam Islam disebutkan juga beberapa hal lain yang merupakan syarat esensial untuk menegakkan kesejahteraan manusia dalam masyarakat di antaranya adalah hak untuk memperoleh pekerjaan yang layak, hak untuk memperoleh makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, dan kesehatan bagi setiap orang.

Hak atas pekerjaan bagi setiap warga negara berikatan dengan upaya masyarakat dan pemerintah untuk memperluas lapangan kerja. Karena pekerjaan merupakan sumber penghasilan bagi seseorang untuk mendapatkan penghasilan yang dapat digunakan untuk ketentuan dirinya sendiri dan keluarganya. Bahwa seseorang yang mempunyai pekerjaan, akan tumbuh dan berkembang harga dirinya, dan sebaliknya seseorang akan merosot harga dirinya apabila tidak bekerja.

Dalam hal ini, secara hukum dan moral negara wajib bertanggung jawab untuk mencukupi kebutuhan pokok masyarakatnya. Mereka harus memiliki cukup makan untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat dan kuat, mereka harus mempunyai pakaian yang layak untuk berlindung dari kedinginan dan kepanasan, mereka harus mempunyai tempat tinggal yang baik untuk melindungi dirinya dari iklim yang kurang baik dan untuk bisa hidup mandiri.

Sebab apabila dalam suatu hari seseorang dibiarkan dalam keadaan lapar atau tidak berpakaian, atau tidak bertempat tinggal maka seluruh masyarakat akan dimintai pertanggung jawabannya di hadapan Allah. Dan satu hal yang perlu kita ingat, mereka juga Merah Putih

(Vid)

LEAVE A REPLY