Gus Ipul Pimpin Rakor, Sikapi Tergulingnya Perahu Tambangan

Gus Ipul Pimpin Rakor, Sikapi Tergulingnya Perahu Tambangan

154
0
BERBAGI

SIDOARJO (M.SINDORAYA)– Menindaklanjuti peristiwa tergulingnya perahu tambangan di sungai Wringinanom yang menelan beberapa korban meninggal, Wakil gubenur jawa timur Saifulilah Yusuf (Gus Ipul) beserta Kepala dinas perhubungan, dan Kepala balai dinas pengairan dari jajaran Pemprov Jatim menggelar Rapat koordianasi  di pendopo kecamatan balongbendo disaksikan seluruh perangkat desa setempat. (Selasa 18/4)

Dalam penuturannyanya Gus Ipul mengevaluasi kronologis kejadian perahu tambang yang terguling sehinga makan korban jiwa.

Dalam rapat tersebut ada dua poin yang di sepakati bersama, yaitu :

1 . Pemprov Jatim akan segera mengupayakan pembuatan jembatan baru di sungai  yang menghubungkan dua Kabupaten Sidoarjo dan Gresik, yang di rencanakan 2018 akhir sudah jadi jembatannya.

2. Evakuasi jangka pendek mengenai perahu yang standard layak operasi, Seperti kondisi perahu, Alat keselamatan para penumpang dalam hal ini penumpang harus memakai pelampung, dan harus diperhatikan dan pengawasan terhadap kapasitas muatnya tidak boleh lebih .

Apabila semua standart keamanan sudah di penuhi, perahu tambangan boleh di jalankan sambil nunggu proses jembatan yang baru.

Disamping itu, ada tim perumus tempat di mana jembatan yang tepat nantinya. Tim ini di ambil dari beberapa kepala desa dan unsur kecamatan.

Pada kesempatan yang sama, kepala dinas perhubungan Jawa Timur DR. ir Wayudi wahid Menjelaskan, Memang perlu difikirkan masalah 132 perahu tambang di sungai yang semua tak berijin, disamping ada tiga titik yang memang sengaja dibuat oleh dinas perhubungan.

Saya berharap untuk ijin jembatan yang akan kita bangun dari pihak balai dinas pengairan provinsi jawa timur dapat cepat terselesaikan, ujarnya.

( ud )

LEAVE A REPLY