BUMDES MENDONGKRAK PEREKONOMIAN WARGA

BUMDES MENDONGKRAK PEREKONOMIAN WARGA

190
0
BERBAGI

SIDOARJO (M SINDORAYA) – Perhatian pemerintah pada masyarakat desa semakin meningkat, kemarin (20/4) tim monitoring dari kementrian desa mendatangi desa sebani kecamatan tarik kabupaten sidoarjo. Turut mendampingi tim dinas DPMDP3AKB, Camat tarik dan Seluruh kepala desa sekecamatan.

Dalam arahannya ketua tim monitoring kementrian desa. Ir Minarnik MT, mengatakan Kedatangan tim ini bertujuan melihat langsung kegiatan para pengusaha warga yang sudah berjalan di bawah payung BUMDES ( Badan usaha milik desa ) di karenakan ada bantuan dari kementrian desa bagi desa desa yang sudah mempunyai akte pendiri BUMDES dan kita ingin melihat apa saja usaha ungulan di desa tersebut.

” Seperti desa sebani ini sudah mendapat bantuan 3 unit mesin giling pembuatan pakan ikan serta motor roda tiga satu unit,” lanjutnya.

Masih Ir Minarnik MT, ” Kenapa dapat mesin giling, di karenakan kita melihat desa sebani mempunyai usaha unggulan di bidang peternakan ikan “.

” Dan saya sarankan untuk membuat proposal yang baru lagi agar dapat bantuan dari kementrian desa berupa uang tunai sebesar 50 juta, Supaya bisa di gunakan untuk menambah hasil produksi pembuatan pakan ikan,” pungkasnya.

Sedangkan camat tarik ABDUL KIFLI, Msi., menjelaskan memang di wilayah kecamatan tarik banyak kelompok budi daya ikan lele, sehingga wilayah ini di juluki master ikan lele sampai sampai warga menciptakan jogetan dengan goyang lele.

Kebetulan desa sebani mempunyai lahan 3000 M. Dan di manfaatkan sama BUMDES untuk budi daya ikan dengan jumlah 32 petak kolam lele. Tiap satu minggu bisa memanen 8 kwintal ikan lele dengan harga 14,000 per 1 kg. Dalam hal ini warga bisa terangkat perekonomiannya. Mudah mudahan ini bisa di buat contoh desa lainya agar secepatnya membuat BUMDES. Ujarnya.

(ud)

LEAVE A REPLY