Keluarga Kasuba Korbankan Masyarakat Gane

Keluarga Kasuba Korbankan Masyarakat Gane

238
0
BERBAGI

 

TERNATE (M Sindoraya) – Puluhan masa aksi yang mengatasnamakan Forum Perduli Gane (FPG)  Kamis gelar aksi didepan kediaman Gubernur Abdul Gani Kasuba, dengan tuntutan segera mencabut izin oprasi PT Nusa Pala Nirwan (NPN) yang beroperasi di Gane Barat dan Timur Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). Masa aksi juga melakukan pembakaran ban bekas di depan kediaman.

Koordinator aksi Fadli Ibrahim mengatakan, kehadiran Pt NPN diduga ada unsur kerjasama dengan Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba dan ponakanya Bahrain Kasuba yang juga Bupati (Halsel) dengan cara menggadaikan hutan dan segala bentuk kekayaan daerah untuk kepentingan perusahan serta keluarga Kasuba.

Keluarga Kasuba dengan kekuasaan Gubernur  telah menghianati isi Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 33 Ayat 3 yang berbunyi. Bumi, Air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya di kuasai oleh negar dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Hal itu terbuki  Gubernur Malut  telah mengeluarkan Keputusan Gubernur No 323/KPTS/MU/2016 Tentang izin lingkungan rencana kegiatan, Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu pada Hutan Alam (IUPHHK-HA). Izin yang di keluarkan tersebut selama 34 tahun mulai dari 2017-2060 dengan luas wilayah oprasi 28.610 Hektar yang mencakup hingga perbatasan Halmahera Tengah dan Kota Tidore Kepulauan.


Dengan adanya tindakan yang menguntungkan  keluarga Kasuba itu, masa aksi akhirnya menyampaikan sikap diantaranya, masyarakat gane menolak kehadiran perusahaan di tanah Gane,  Gubernur Maluku Utara segera mencabut izin usaha operasi PT. Nusa Pala Nirwana, mendesak Kepada DPRD Provinsi Maluku Utara meninjau kembali legalitas hukum IUPHHK-HA, meminta Kapolda mengusut tuntas kasus pemalsuan dokumen.

(budin)

LEAVE A REPLY