Jelang Ramadhan Stok Bahan Pokok Malut Aman

Jelang Ramadhan Stok Bahan Pokok Malut Aman

262
0
BERBAGI

 

SOFIFI (M.Sindoraya)– Kepala Dinas  Perindustrian dan Perdagangan (Pemprov) Maluku Utara, Arsul Gailea, menyatakan dari hasil kesepakatan  sementara dalam rapat bersama organisasi Profesi, Distributor dan Pemerintah Kab/Kota, ketersediaan stok barang jelang bulan suci Ramadhan tahun ini, tidak terjadi disparitas harga, telah dituangkan dalam bentuk usulan. Untuk direkomendasikan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perhubungan, ungkap Asrul,  Sabtu (22/04).

Menurut Asrul, kondisi cuaca pada bulan puasa yang jatuh pada  tanggal 5  Mei sampai 25 Juni memasuki lebaran  dipredikasi membaik. Sebab, kondisi cuaca gelombang laut, khususnya laut Halmahera. Maluku Utara dikenal dengan dua perubahan musim, yakni  pada bulan Juni-Agustus terjadi musim pancaroba angin kencang yang mengakibatkan terjadi gelombang laut dan bulan Desember.  Untuk itu,  puasa kali ini cuaca diprediksi sangat baik.

Kata Asrul, tak ada alasan stok barang di Maluku Utara mengalami kelangkahan, apalagi harga naik, kalau pun itu terjadi ada permainan, baik distributor maupun pengecer atau orang-orang yang sengaja mengambil untung dengan alasan cuaca.

“ Stok barang kebutuhan pokok, sudah inventerisir plus-minus  dari 9  bahan pokok  di setiap Kab/Kota dan dapat disimpulkan masing-masing komoditi 90 persen bahan pokok di datangkan dari luar, Surabaya, Makassar maupun Manado,” katanya.

Untuk  kebutuhan bahan pokok yang tidak di datang dari luar hanya dua, yakni ikan dan daging sapi. Stok daging daging sapi yang tersedia saat ini kurang 65 ribu ekor Dan itu cukup melayani kebutuhan masyarakat pada bulan puasa.

“ Setiap bulan Malut kirim Sapi keluar seperti Papua, Makassar dan Manado kurang lebih 350 ekor untuk ke tiga daerah itu, baik daging sapi maupun ikan kita kelebihan stok  ketersediaan lokal,” bebernya.

Sementara kebutuhan barang-barang lain, seperti beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, kedelai, daging ayam dan telur ayam, cabe keriting maupun bawang merah serta bawang putih sebagian besar di datangkan  dari luar Maluku Utara,

(reza)

LEAVE A REPLY