Warga Keluhkan Kwalitas Rastra yang Sangat Buruk, Menir dan Kuning

Warga Keluhkan Kwalitas Rastra yang Sangat Buruk, Menir dan Kuning

427
0
BERBAGI

Bojonegoro (M. Sindoraya) – Raskin atau sekarang disebut beras sejahtera (Rastra) adalah beras yang disubsidi pemerintah untuk masyarakat berekonomi lemah. Beras ini dijual pada harga yang relatif murah sebesar 1.600 rupiah per kilogram.

Sebelumnya, Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, secara aktif melakukan kontrol ke berbagai tempat penyimpanan beras bulog di berbagai daerah. Dari kunjungan tersebut, Mensos memastikan rastra di Indonesia sudah cukup baik dan berkualitas. Bahkan dirinya juga pernah mengklaim beras tidak berwarna coklat, tidak menir, tidak berbatu, tidak apek, dan tidak berkutu.

Namun ternyata, hal tersebut bertolak belakang dengan realisasi pembagian rastra di Desa Sumberagung, Kecamatan Kepohbaru, Bojonegoro. pasalnya warga masih mengeluhkan atas kwalitas beras yang dinilai sangat buruk.

“Kwalitas beras nya sangat keterlaluan buruknya, kayak mengandung tepung dan tidak layak untuk dimakan. Selain itu mengandung menir (pecahan beras), warnanya juga kuning,” ungkap Manan, salah satu warga setempat yang menerima bantuan rastra. (Selasa 25/4)

Manan juga menambahkan, “Bulog harus lebih memperhatikan hal ini, jangan mentang-mentang ini beras subsidi terus seenaknya sendiri ngasih berasnya. Kami orang kecil bukan berarti gak ingin makan enak,” tambahnya

Menindaklanjuti hal itu, warga berencana akan mengembalikan beras sejahtera atau rastra tersebut ke Bulog yang ada di Kecamatan Kalitidu Bojonegoro. Sekaligus ingin mempertanyakan atas buruknya kwalitas beras tersebut.

(Rid)

LEAVE A REPLY