Kejari Ternate Siap Bongkar Mafia Pajak

Kejari Ternate Siap Bongkar Mafia Pajak

197
0
BERBAGI

 

TERNATE (M. Sindoraya) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate menindaklanjuti kasus dugaan korupsi anggaran pembayaran pajak kendaraan dj Samsat Kota Ternate 2014, Kejari siap membongkar mafia pajak.

 

Kepala Kejaksaan Negeri Ternate, Andi Muldani Fajrin kepada Media. Sindoraya Rabu (26/4) mengatakan, setelah penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara (Malut) membongkar kasus dugaan korupsi anggaran pembayaran pajak dan balik nama BPKB senilai Rp 1,7 miliar di Samsat Ternate tahun 2014, saat ini penyidik mulai menulusuri kasus yang sama telah menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Maluku Utara tahun 2015 senilai Rp 5 miliar. yang bekum lama ini.

 

” Untuk membongkar aktor perampokan pajak kendaraan jilid II di Samsat Ternate, penyidik Kejari Ternate telah memeriksa mantan Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Malut, Karim Do Soleman dan dua orang staf di Samsat Ternate,” katanya.

 

Lanjut dia, pihaknya masih melakukan proses penyelidikan yang kerugian negaranya miliaran rupiah dan masih jalan sampai sekarang. pihaknya sudah mengeluarkan sprin penyelidikan  dan nantinya naik ke penyidikan.  “Saat ini kami masih melakukan penyelidikan, kami sudah periksa beberapa saksi untuk memperkuat siapa yang terlibat. Kita tunggu saja perkembangaannya karena kasus ini akan terus berjalan. Sejauh ini ini sementara mengumpulkan data untuk menyeret tersangka,” jelasnya.

 

Lanjut Andi, belum bisa memastikan indikasi kerugian negara. Untuk itu, pihaknya harus meminta hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Maluku Utara untuk menghitung kerugian negara. ”kami sedang mencari tahu kerugian negara, LHP BPK Malut itu untuk Samsat Kota Ternate sebanyak senilai Rp 5 miliar lebih,”ungkapnya.

(sdn)

LEAVE A REPLY