Kepala BI Kantor Perwakilan Jatim Hadiri Panen Perdana Padi Merah di Banyuwangi

Kepala BI Kantor Perwakilan Jatim Hadiri Panen Perdana Padi Merah di Banyuwangi

161
0
BERBAGI
(ki-ka) BPP SingoJuruh, Difi Johansyah Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur, Samanhudi Petani Mendo Sampurno, Arif Setyawan dari dinas Pertanian Banyuwangi, Lukman hakim dari BI Banyuwangi, saat simbolis panen perdana beras merah organik di Singojuruh, Banyuwangi (Rabu 26/4)

Banyuwangi (M.Sindoraya) Р42 hektar termasuk lahan organik paling luas se-Indonesia, dalam hal ini petani akan kita dampingi untuk menghasilkan produk-produk organik seperti beras, cabai, Bawang putih dll, ujar Difi Johansyah Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur (Jatim) saat menghadiri panen perdana padi merah sebagai kluster binaan padi organik di Desa Singojuruh, Kecamatam Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Rabu (26/4/2017).

Tambahnya, selain itu manfaat dari pertanian organik adalah Kita harus mewariskan kepada anak cucu kita tanah yang alami dan tidak terkontaminasi kimia.

Selain petani, penghasil pupuk organik juga akan terkena dampak ekonomi, semisal di Jawa tengah saat ini sudah ada peternakan cacing tanah. Pada prinsipnya BI ingin menjalankan falsafah hidup ” innalillahiwainnailaihirojiun ” yaitu dari tanah kembali ke tanah, ujarnya.

Menurut Difi, mengingat susahnya pola hidup sehat dan pasar yang terbuka luas, saat ini banyak negara yang juga mengembangkan produk-produk pertanian kearah organik, misalnya Israel, China.

Harapannya, Petani organik sebisa mungkin juga mempunyai sapi atau kambing supaya bisa dibuat pupuk dan menekan Cost, juga nanti akan diupayakan ada pelatihan membuat pupuk organik dari sisa rumah tangga, pungkas Difi yang sudah tiga bulan menjabat tapi baru kali ini ke Banyuwangi.

Panen perdana padi merah ini merupakan kluster binaan BI dengan menggandeng Koperasi Kelompok Tani Mendo Sampurno.

(nawi)

LEAVE A REPLY