Jelang Ramadhan, Bulog Pastikan Harga dan Stok Sembako Stabil

Jelang Ramadhan, Bulog Pastikan Harga dan Stok Sembako Stabil

182
0
BERBAGI
.

SIDOARJO (M.SINDORAYA) – Menjelang Bulan Ramadhan, Perum Bulog Sub Divisi Regional Surabaya Utara yang berada di Kecamatan Buduran, Sidoarjo menggelar operasi pasar melalui Gerakan Stabilisasi Pangan.

Menurut keterangan wakil kepala sub divre surabaya selatan,  Irlia Dwi Putri menjelaskan pada awak media ini, dengan di adakan Kegiatan Operasi Pasar (OP) mulai hari ini 17 – 30 Mei dilakukan serentak di seluruh Indonesia, mengingat harga kebutuhan pokok selalu naik saat menjelang Bulan Ramadhan tiba. Selain itu kegiatan ini dilakukan untuk menstabilkan harga pangan ditingkat konsumen.

Merurut Irlia, memang seperti sudah tradisi setiap menjelang bulan puasa, harga komoditi kebutuhan bahan pokok akan terjadi kenaikan. Untuk Lebaran ini Dia memastikan untuk stok barang masih aman.

Lanjutnya,  di setiap tempat OP pihak BULOG akan menyediakan penjualan bahan pokok seperti beras, Miyak goreng, Bawang merah dan bawang putih denagn harga normal. Sesuai jadwal Bulog akan melakukan OP di 15 titik yang terbagi di tiga wilayah seperti Surabaya, Sidoarjo dan Gresik.

Gerakan Stabilisasi Pangan ini, lanjut Irlia, akan dilakukan di pusat keramaian, pasar, asosiasi, outlet pangan pemerintah dan Rumah Pangan Kita (RPK). “Dan gerakan seperti ini akan terus kami lakukan untuk menekan harga yang cukup signifikan di kalangan masyarakat,” terangnya.

Masih menurut Irlia, sistim ini sudah jalan Persaingan harga dipasaran dengan harga melalui gerakan stabilisasi pangan jelas membawa dampak yang luar biasa. Alasannya, selisih yang ditawarkan berkisar antara Rp. 500 hingga Rp. 2 ribu rupiah. Bahkan, untuk Bawang putih selisihnya mencapai Rp 10 ribu.

Kebutuhan pokok yang akan didistribusikan Bulog Sub Divre Surabaya selatan diantaranya, beras medium seharga Rp. 8.800 Per kilo, dan beras premium Rp. 10.250, gula pasir Rp. 12.200, bawang merah Rp. 21.000, bawang putih Rp. 38.000, minyak goreng Rp. 11.000, tepung Terigu Rp. 7.500 dan telur Rp. 19.500 perkilo.

Sementara, untuk persediaan stok dalam kegiatan ini, Bulog Divre Surabaya selatan menyediakan 1 ton beras, 15 ton gula, 700 kg bawang merah, 1 ton bawang putih, dan 3.500 liter minyak goreng, 15 ton gula dan 100 kg telur untuk oprasi pasar. Tegasnya.

(ud)

LEAVE A REPLY