Forum Peduli Gane Menagih Janji Gubernur Malut

Forum Peduli Gane Menagih Janji Gubernur Malut

541
0
BERBAGI
Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kusuba
.

 

TERNATE (M.Sindoraya) – Forum Peduli Gane kembali menggelar aksi, meminta Gebernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba (AGK) menepati janjinya mencabut izin perusahaan PT. Nusa Pala Nirwana (PT.NPN) dan PT. Gelora Mandiri Membangun (PT.GMM), yang beroperasi di wilayah Gane Timur dan Gane Barat

Aksi Forum Peduli Gane digelar di empat titik, yakni depan Polda Malut, kediaman Gubernur Malut, serta Polres Ternate dan depan Kantor RRI Ternate.

Koordinator aksi Forum Peduli Gane, Farid Isak dalam orasinya menyampaikan, tanah Gane telah di kuasai oleh  perusahan kelapa sawit, yakni PT. Nusa Pala Nirwana (NPN) dan PT. GMM.

Saat ini, dua perusahan tersebut telah mendapatkan izin operasi dari pemerintah Provinsi Maluku Utara, dengan Nomor : 323/KPTSIMU/2016. Tanah yang dijadikan lahan penanaman kelapa sawit sebesar 28.610 hektar dengan waktu kontrak 60 tahun terhitung mulai tahun 2017-2060.

“Meskipun, masyarakat Gane telah melakukan penolakan terhadap perusahaan PT. NPN, mengingat karena wilayah Gane adalah salah satu wilayah rawan banjir yang ada di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).” Kata Farid

Untuk itu, dalam catatan sikap, Forum Pedul Gane meminta agar secepatnya Gubernur Maut mencabut Izin operasi PT. NPN di Wilayah Gane. Selain itu, mendesak kepada Kapolres Ternate agar secepatnya menyelesaikan kasus pemukulan yang dilakukan oleh keponakan Gubernur, terhadap massa aksi beberap waktu lalu, di depan kediam Gubernur Malut.

Dalam aksi itu, mereka juga meminta  secepatnya Polda Maluku Utara agar lebih serius menangani masalah pemalsuan dokumen AMDAL yang dilakukan oleh PT. NPN.

Massa aksi juga mengancam, jika tuntutannya tidak diindahkan, maka masa aksi akan memboikot seluruh aktivitas Pemerintah di Maluku Utara.

(bud)

LEAVE A REPLY