BUPATI ANSAR : CANANGKAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT TINGKAT KABUPATEN SIKKA

BUPATI ANSAR : CANANGKAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT TINGKAT KABUPATEN SIKKA

426
0
BERBAGI
.

SIKKA (M.Sindoraya) – Bupati Sikka Drs. Yoseph Ansar Rera bertempat di Dusun Uwa, Desa Maluriwu Kecamatan Palue Kabupaten Sikka Kamis (18/05/2017) siang mencanangkan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 14, Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) PKK ke 45 dan Hari Keluarga (HARGA) ke 24 Tingkat Kabupaten Sikka tahun 2017. Kegiatan pencanangan ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Sikka Drs. Yoseph Ansar Rera yang disaksikan oleh Wakil Bupati Sikka Drs. Paolus Nong Susar, Ketua DPRD Kabupaten Sikka Rafael Raga, SP, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sikka NY. Irma Tibuludji, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sikka, serta Forkompinda Kabupaten Sikka.

Acara pencanangan BBGRM, HKG PKK dan Hari Keluarga mengusung tema” Dengan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke 14, Hari Gerak PKK ke 45, dan Hari Keluarga ke 24 Kita tingkatkan pemeberdayaan masyarakat melalui penyediaan pelayanan Dasar dan pertumbuhan ekonomi yang berkwalitas menuju satu Sikka yang mandiri dan sejeterah.

Bupati Ansar dalam sambutan mengungkapkan kegiatan pencanangan Bulan Bakti Gotong – Royong Masyarakat (BB-GRM) ke – 4 yang disatukan dengan peringatan Hari Keluarga ke – 24 hari ini, merupakan suatu momentum yang sangat bermakna dalam mendorong semangat kebersamaan, kekeluargaan, persaudaraan, untuk tetap menciptakan rasa persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuaan Republik Indonesia dengan saling bekerja sama, bahu-membahu, dan tolong-menolong guna mengurangi bahkan mengatasi beban hidup yang dialami sesama serta mendorong swadaya, partisipasi, dan gotong royong dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Gotong royong adalah kerja banting tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu-membantu bersama, amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebehagiaan semua.” Demikian sepenggal ungkapan pidato pendiri bangsa Indonesia (Bong Karno) untuk menjadikan gotong royong sebagai landasan semangat membangun bangsa yang disampaikannya kepada seluruh peserta sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945.”Kata Ansar Rera

Menurut Ansar masyarakat kita sejak lama tentu telah sadar betul bahwa sebagai makhluk sosial, untuk memenuhi kebutuhannya harus melibatkan orang lain. Sebaliknya juga perlu melibatkan diri untuk membantu orang lain agar melepaskan diri dari kesulitan. Tidak semua hal bisa dilakukan sendiri atau menggunakan kekuatan sendiri. Itulah mengapa istilah gotong royong dikatakan telah membumi di negeri tercinta Nusantara ini.

Karena itu, pada kesempatan ini saya ini menggugah kita semua dan seluruh warga masyarakat di Wilayah Kabupaten Sikka untuk dapat memaknai nilai-nilai “gotong royong” sebagai semangat kebersamaan sosial khas Indonesia agar semakin tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di Nian Sikka tercinta ini. Dan semangat gotong royong yang dilaksanakan di setiap Desa/Kelurahan selama satu bulan pada setiap tahun ini hendaknya terus digelorakan dan dilestarikan secara berdaya guna dan berhasil guna melalui peningkatan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan. “Harap Ansar

Ketua Tim Penggerak PKK Pusat NY. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam sambutan yang di bacakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sikka Ny. Irma Tibuludji mengatakan alasan perlunya akselerasi atau percepatan program itu didasarkan pada kenyataan, bahwa selama ini kita melaksanakan 10 Program Pokok PKK secara normative, bahkan cenderung merupakan rutinitas. Padahal perkembangan program masyarakat maupun program Pemerintah pada dewasa ini, berkembang begitu pesat dan sangat bervariasi.

Dihadapakan pada kenyataan seperti ini, maka saya berharap agar kita tidak terbelenggu pada rutinitas program sehingga tidak pernah beranjak progresnya. Karena sesungguhnya dari 10 Program Pokok PKK itu ada kemungkinan juga ada program spesifik daerah sesuai dengan kebijakan Pemerintah Daerah. Untuk satu hal ini, saya bahkan selalu mendorong setiap daerah agar senantiasa berinovasi mengembangkan kreativitas program sesuai dengan Potensi dan kebutuhan masing-masing daerah.

Menurut Guntarti tumbuhkan ide-ide inovatif seraya kembangkan jalinan kerja sama dengan mitra kerja PKK dalam rangka perkembangan dan akselerasi Program-program PKK. Di samping itu, sejumlah program kerja sama yang dipayungi dalam Naskah Kesepakatan Bersama atau MoU dengan beberapa Kementerian dan Lembaga telah pula kita lakukan, seperti MoU dengan Kementerian Pertanian, dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), kemudian dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dan lain-lainnya. Itu semua perlu dioperasikan di tingkat daerah, diakselerasi, dipercepat dan kita sukseskan bersama.

Kata Guntarti.Dalam kaitan itu semua, saya menghimbau, agar dalam pelaksanaan program-program PKK sedapat mungkin mengurangi program yang bersifat seremonial belaka. Sudah saatnya kita juga perlu mengimbangi prinsip kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan program-programnya, yakni kerja, kerja dan kerja, meskipun kita menyesuaikannya dalam skala Gerakan PKK.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sikka Dahlan, dalam laporannya menjelaskan Gotong royong merupakan salah satu gerakan untuk memperkuat kesadaran bersama terhadap pergeseran arah kebijakan pembangunan nasional pada era otonomi daerah, dengan mengedepankan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan dalam mewujudkan ketertiban dan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Dahlan tujuan Pelaksanaan Kegiatan BBGRM, HKG PKK dan Hari Keluarga yakni  pertama meningkatkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan masyarakat, kedua meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan dan pemeliharaan hasil-hasil pembangunan, ketiga meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam membangun diri dan lingkungannya secara mandiri, keempat meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan dan yang kelima mendorong semangat Tim Penggerak PKK untuk berpartisipasi dalam pembangunan baik di tingkat Desa, Kecamatan maupun Kabupaten melalui kegiatan 10 Program Pokok PKK sehingga dapat menciptakan kehidupan Rumah Tangga dan Keluarga yang bahagia dan sejahtera.

Hadir pada kesempatan itu Wakil Bupati Sikka Drs.Paolus Nong Susar , Ketua DPRD Kabupaten Sikka Rafael Raga, SP, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sikka Ny. Irma Tibuludji, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sikka Ny. Yovita Angelina, Forkopimda Kabupaten Sikka, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),BUMD, BUMN, LSM, NGO, para camat, Lurah/ Kepala Desa, BPD, toko masyarakat, toko agama, toko adat serta warga masyarakat kecamatan Palue.

LEAVE A REPLY