KAJIH Malut Siap Gelar Dialog Anti Korupsi

KAJIH Malut Siap Gelar Dialog Anti Korupsi

172
0
BERBAGI
Rapat Evaluasi KAJIH Malut
.

 

TERNATE (M. Sindoraya) – Komunitas Jurnalis Hukum dan Kriminal (Kajih) Maluku Utara (Malut) akan menggelar dialog anti korupsi pada, Selasa (23/5) pukul 20.00 WIT, yang bertempat di Aula Kantor Walikota Ternate dengan tema, “Independensi dan transparansi penanganan kasus korupsi di Malut.”

Sebagai narasumber dalam dialog ini, Kapolda Malut Brigjen Pol Tugas Dwi Apriyanto, Kajati Malut Dede Riki Hayatul, Kepala Perwakilan BPK Malut Sri Harsono Suliyanto, Abdul Kader Bubu (Akademisi), dan Irman M Saleh (Media).

Dialog ini merupakan bentuk konsistensi terhadap pemberabtasan kasus korupsi yang dianggap sebagai musuh bersama. Meskipun demikian, perlawanan terhadap perilaku korupsi sebagai musuh bersama hingga saat ini, belum sepenuhnya direalisasikan oleh sejumlah lembaga hukum.

Selain itu, dari penanganan kasus-kasus korupsi di Malut selama ini terkesan berlarut-larut, dan tidak terselesaikan secara tuntas. Sebagai masalah bersama, perlu kiranya digagas sebuah gerakan melawan korupsi dengan upaya yang komprehensif melalui kebijakan hukum.

Juru bicara (Jubir) KAJIH Malut, Hairil Yusup dalam konfrensi pers, Senin (22/5) menyampaikan, kegiatan ini atas insiatif seluruh anggota KAJIH Malut. Sementara itu, untuk mendudukkan sejumlah kasus yang diakhir-akhir penanganannya, baik di Kejati Malut maupun di Polda Malut terkesan tidak jalan ini.”Banyak kasus dugaan korupsi yang ditangani, baik Polda Malut maupun Kejati tidak jalan.” katanya

Lanjut dia, melalui dialog ini dapat dihetahui akar permasalahan atau kendala-kendala yang di hadapi penegak hukum dalam penanganan kasus dugaan korupsi. “Media selain memberikan informasi pada masyarakat, juga sebagai kontrol sosial pada penegak hukum dalam menangani kasus dugaan korupsi di Malut. harapnya

Ia menambahkan, peserta yang diundang pada dialog ini, diantaranya lembaga penegak hukum, odvokat, pemerhati sosial, Ormas, OKP, mahasiswa serta pihak-pihak terkait lainnya. Rencananya, dialog ini akan dibuka secara resmi Oleh Kapolda Malut. “Dialog ini perbuka untuk umum, dan siapa saja bisa hadir untuk menyaksikan. ” Tuntas Hairil (sdn)

LEAVE A REPLY