SHOWlidarity, Bentuk Nyata Pengabdian Masyarakat

SHOWlidarity, Bentuk Nyata Pengabdian Masyarakat

319
0
BERBAGI
.

 

Surabaya (M.Sindoraya) – Bagaimana seharusnya peran mahasiswa Indonesia? Tidak hanya jujur dan pintar, seorang mahasiswa juga harus bisa mengabdikan dirinya pada masyarakat. Membaca kebutuhan untuk kemudian memberikan solusi konkrit, itulah yang dibutuhkan oleh masyarakat. SHOWlidarity merupakan salah satu kegiatan untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Berikut kami sampaikan kisah kegiatan mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya yang terjun langsung ke masyarakat.

  • SHOWlidarity

Ialah sebuah gerakan yang digagas oleh mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra untuk membantu Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mampu Jaya yang terletak di Jalan Kupang Gunung Timur I no 20-22 (Gang Dolly). Gerakan ini merupakan bagian dari Tugas Akhir (TA) dari Angeline Clareta Hayono yang saat ini memasuki semester 8.

“Pada awalnya saat saya berkunjung ke sentra Usaha Kecil Menengah (UKM) dan setelah melakukan tiga kali wawancara secara mendalam maka saya menemukan bahwa para pekerja KUB Mampu Jaya memiliki rasa kebersamaan yang tinggi dan kemauan untuk terus maju dibandingkan yang lainnya. Melihat ini, saya merasa terpanggil untuk membantu mereka agar produknya lebih dikenal oleh masyarakat luas”, urai Angel. KUB Mampu Jaya ini merupakan UKM sepatu dan sandal dari warga terdampak penutupan lokalisasi dengan brandnya Putat Jaya Collection atau lebih dikenal dengan nama PJ Collection. “Sebenarnya produk mereka ini belum memiliki kelebihan yang berbeda jika dibandingkan dengan brand lainnya. Maka dari itu saya merancang sesuatu yang baru bagi produk mereka”, rinci Angel yang melakukan kegiatan pelatihan sejak bulan April 2017 ini. Rangkaian aksi SHOWlidarity ini melalui beberapa tahapan yaitu melakukan pembinaan dan pelatihan kepada para pekerja KUB Mampu Jaya terlebih dahulu. Pelatihan ini meliputi bagaimana memiliki value sebuah brand dan menghitung HPP (Harga Pokok Penjualan) yang benar. Dilanjutkan dengan proses eksperimen menggunakan bahan sepatu yang lebih baik agar lebih rapi kemudian proses produksi untuk kemudian display barang di beberapa lokasi salah satunya Urban Culture Festival 2017 dan Showlidarity Day.

SHOWlidarity Day akan dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Mei 2017 mulai pukul 12.00 – 16.00 WIB di Aiola Eatery di Jalan Slamet no 16-Surabaya. “Kami sangat terbantukan dengan adanya proyek dari mbak Angel ini, semoga karya kami kedepannya dapat diterim aoleh masyarakat”, ungkap Atik Triningsih selaku ketua KUB Mampu Jaya. Dalam acara ini akan ada berbagai kegiatan diantaranya selain acara berbagi kisah oleh para pekerja KUB Mampu Jaya akan digelar juga promosi dengan menggelar kompetisi bagi siswa SMA menghias desain terbaru sepatu SHOWlidarity dengan berbagai patches, pin dan pom-pom. Hiasan ini bukan hiasan biasa akan tetapi memiliki arti tersendiri. Diantaranya gambar pelangi untuk menggambarkan optimisme, gambar matahari untuk menggambarkan semangat para pekerja KUB agar sebagai pemakai juga ikut bersemangat dalam menghadapi hari.

LEAVE A REPLY