Pengambilan Sumpah 66 Anggota PERADI

Pengambilan Sumpah 66 Anggota PERADI

359
0
BERBAGI
.

 

Surabaya (M.Sindoraya) – Sesuai berita acara pengambilan sumpah¬† No. Reg. …./Hk.Adv/5/2017/PT SBY, 66 Pengacara muda Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI)¬† dari DPC Kota Surabaya dan DPC Malang Raya mengambil sumpah dalam sidang terbuka Pengadilan Tinggi Jawa Timur. (Selasa, 23/05/2017)

Pengambilan sumpah dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Timur, H. Abdul Kadir, S.H, M.H setelah pembacaan SK PERADI 66 pengacara.

Dalam amanatnya Abdul Kadir menyampaikan mengacu pada pasal 4 UU No. 18 tahun 2003 tentang Advokat yang berbunyi sebelum menjalankankan profesinya, Advokat harus disumpah menurut agamanya dan berjanji di hadapan sidang terbuka pengadilan tertinggi di wilayah domisilinya. Penyumpahan Advokat dari PERADI DPC Kota Besar Surabaya dan DPC Malang Raya yang baru saja dilaksanakan sudah sesuai dengan yang dipesankan melalui surat Ketua Mahkamah Agung N0. 73 tahun 2015 tanggal 25 September 2015 yang intinya, Ketua Pengadilan Tinggi memiliki wewenang untuk melakukan penyumpahan yang memenuhi syarat yang diajukan oleh organisasi Advokat yang sudah melalui proses dari pengurus Organisasi Advokat PERADI atau yang lainnya, sehingga terbentuknya UU Advokat ke 4.

Diceritakan pada awalnya ada 8 Organisasi Advokat bersepakat Organisasi Advokat di Indonesia hanya PERADI, di kemudian hari PERADI terpecah menjadi 3 sewaktu konggres di Makasar dan saya tidak tahu ini PERADI yang mana. Yang terpenting Oganisasi Advokat itu sudah disahkan Kemenkumham dan semua itu sah.

Ketua Pengadilan Tinggi Jatim berpesan pandai-pandailah memilih perkara jangan sampai merugikan klien. Dalam memperjuangkan kepentingan kliennya harus sesuai dengan ketemtuan hukum yang berlaku, dan sesuai dengan kode etik profesi Advokat.

Selamat menjalankan tugas profesinya semoga Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa selalu memberikan bimbingan-Nya.

(nw)

 

LEAVE A REPLY