Bupati Ende Buka Mapenta dan Muskomcab Pemuda Katolik

Bupati Ende Buka Mapenta dan Muskomcab Pemuda Katolik

421
0
BERBAGI
.

ENDE (M.Sindoraya) – Organisasi Pemuda Katolik terus melakukan konsolidasi pembentukan Komisariat Cabang tingkat kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Timur. Setelah beberapa kabupaten yang sudah dibentuk  kepengurusannya, Kini Pemuda Katolik Komisariat Cabang kabupaten Ende menggelar Masa Penerimaan Anggota(MAPENTA) dan Musyawarah Komisariat Cabang(MUSKOMCAB). Kegiatan ini juga diikuti dua kabupaten seperti Pemuda Katolik Komisariat Kabupaten Nagekeo dan Pemuda Katolik kabupaten Ngada.

Acara MAPENTA dan MUSKOMCAB Pemuda Katolik ini, langsung dibuka oleh Bupati Ende, Marsel Petu ,Selasa (30/05/2017) di Aula Loka Latihan Kerja, Kelurahan Paupire, Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende dan disaksikan oleh, Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Kikin Tarigan,KOMDA NTT Pemuda Katolik, Ronal da Gomez, Sekretaris KOMDA NTT Pemuda Katolik, Rahel Cicilia, Romo Dominikus Nong dan Ketua Panita ,Agustinus Rahe serta seluruh kader Pemuda Katolik.

Dalam sambutan, Bupati Ende Marsel Petu mengatakan, jadilah Pemuda Katolik yang menjaga kadar religius dalam bingkai nasionalisme. Organisasi Pemuda Katolik harus terus menjaga budaya dan menjadi tradisi kita karena di era globalisasi  banyak budaya kita ditanam oleh leluhur kini mulai pudar seperti saling menghargai, saling menghormati dan tolong menolong sesama akibat dari dampak globalisasi.

Selanjutnya, Bupati Ende yang juga merupakan kader Pemuda Katolik tahun 1996 waktu itu mengatakan bahwa, sebagai kader Pemuda Katolik, dirinya mengucapkan banyak terimakasih kepada organisasi Pemuda Katolik karena telah mendidik dan membina selama bergabung dalam organisasi tersebut dan sekarang dirinya bisa menjadi pemimpin orang nomor satu di Kabupaten Ende ini.Semuanya bisa terpenuhi kalau kita sebagai kader Pemuda Katolik harus  sungguh mengikuti proses yang sudah ada dalam organisasi Pemuda Katolik itu.

“Saya ucapakan banyak terimakasih kepada organisasi Pemuda Katolik yang telah memberikan modal dan spirit selama saya dibina dalam wadah ini,sehingga sekarang saya bisa nikmat menjadi pemimpin seperti menjadi anggota DPRD ende dan sekarang menjabat sebagai Bupati Ende “tandasnya.

Diakhir sambutannya, Ketua DPD II partai Golkar Kabupaten Ende ini berpesan, agar semua peserta harus sungguh-sungguh mengikuti proses masa pendidikan anggota dan musyawarah cabang Pemuda Katolik sehingga kedepan kalian akan menjadi emas yang bisa ditempat dimana saja karena sudah terlatih dalam organisasi ini.

Sementara itu, Pengurus Pusat Pemuda Katolik,Kikin Tarigan meminta untuk kepengurusan nantinya, agar segera membentuk kepengurusan Pemuda Katolik sampai tingkat kecamatan, kelurahan dan desa agar organisasi ini bisa mengakar sampai tingkat bawah. Selain itu juga, Ia meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Ende untuk bisa membantu organisasi Pemuda Katolik dalam segala hal. Tentunya dalam perjalanan organisasi ini ada sikap kritis terhadap pemerintah ,tapi itu sebuah dinamika dan perjuangan dalam sebuah organisasi.

Sementara Ketua KOMDA NTT Pemuda Katolik, Ronal da Gomez mengatakan, stuktur kepengurusan organisasi Pemuda Katolik sudah terbentuk 12 Komisariat cabang tingkat kabupaten dan sisa akan terus kita lakukan konsolidasi pembentukan organisasi Pemuda Katolik yang ada di Kabupaten ini sehingga dalam waktu dekat ini semua kepengurusan Pemuda Katolik Komisariat cabang kabupaten sudah terbentuk semua di NTT.

Selain itu, Ronal da Gomez Mengajak organisasi Pemuda Katolik dan semua komponen masyarakat untuk bersatu melakukan pencegahan dan melawan radikalisme dan terorisme. Jangan ada toleransi terhadap setiap gerakan yang anti-Pancasila dan ingin memecahkan Negara Kesatuan Rebublik Indonesia (NKRI)

Saya minta kepada semua organisasi kepemudaan di tanah air  terutama yang ada di kabupaten Ende untuk senantiasa tanggap dan bekerja sama dalam menyikapi situasi keamanan negara yang terancam. Ayo kita semua organisasi kepemudaan untuk satukan kekuatan dan soliditas generasi muda akan terus berkontribusi pada kemajuan, keamanan dan masa depan bangsa Indonesia ini”Teganya Mantan Ketua PMKRI Jakarta Selatan ini.

Diakhir sambutannya, Ketua KOMDA NTT Pemuda Katolik NTT ini berpesan kepada semua kader Pemuda Katolik selamat mengikuti proses MAPENTA dan MUSKOMCAB Pemuda Katolik bagi kabupaten Ende, Nagekeo dan Ngada. Jadilah kader Pemuda Katolik yang menjadi garda terdepan membela bangsa dan gereja karena kita Pemuda Katolik adalah 100 persen Katolik dan 100 persen Katolik.

(ang)

LEAVE A REPLY