BERTAMBAHNYA SISWA INDONESIA KE SELANDIA BARU SEIRING DENGAN PENINGKATAN PERINGKAT UNIVERSITAS QS

BERTAMBAHNYA SISWA INDONESIA KE SELANDIA BARU SEIRING DENGAN PENINGKATAN PERINGKAT UNIVERSITAS QS

167
0
BERBAGI

INDONESIA (M.Sindoraya) – Jumlah mahasiswa Indonesia yang mengambil kuliah ke universitas di Selandia Baru terus meningkat, dan Education New Zealand (ENZ) menyambut baik hasil 2018 QS World University Rankings yang mengungkapkan bahwa delapan universitas negeri di negara tersebut berada di tiga persen teratas di seluruh dunia.

Data terbaru dari ENZ mengungkapkan bahwa jumlah visa mahasiswa baru ke Selandia Baru pada April 2017 meningkat 43 persen dibandingkan dengan 2016. Pertumbuhan ini terutama untuk sektor pendidikan tersier, dengan peningkatan lebih dari setengah aplikasi visa mahasiswa universitas.

Lima dari delapan universitas di Selandia Baru memperbaiki peringkat mereka, dan University of Auckland diperingkat sebagai universitas terkemuka Selandia Baru yang menempati urutan ke-82 di seluruh dunia.

QS Rankings menilai 3.800 lembaga Pendidikan di seluruh dunia dan memeringkat 916 teratas. Selandia Baru adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki semua universitasnya di peringkat 450 teratas.

Perbaikan terbesar berasal dari University of Waikato, yang naik sebanyak 32 peringkat untuk menduduki posisi ke-292. Universitas Massey dan Lincoln masing-masing naik 24 peringkat ke posisi 316 dan 319. University of Otago (151) dan Victoria University of Wellington (219) juga memperoleh keuntungan yang signifikan dalam peringkat mereka.

Sementara itu, University of Canterbury dan Auckland University of Technology (AUT) masing-masing mempertahankan posisi mereka pada urutan ke-214 dan braket 441-450. Sistem universitas di Selandia Baru, baru-baru ini juga menjadi peringkat ke tujuh terbaik di dunia dalam tabel liga tahunan University 21, di mana negara-negara diurutkan berdasarkan faktor-faktor seperti pengeluaran pemerintah, penelitian, dan independensi
universitas untuk menjalankan urusan mereka sendiri.

John Laxon, Direktur Regional Selatan, Asia Tenggara & Timur Tengah, Education New Zealand, mengatakan bahwa peringkat universitas merupakan faktor kunci bagi calon – calon mahasiswa Indonesia.

“Memiliki semua universitas yang masuk dalam 450 besar merupakan sesuatu yang tidak dicapai oleh negara lain, dan ini benar-benar memperkuat posisi Selandia Baru sebagai tujuan pendidikan kelas dunia. Universitas-universitas Selandia Baru telah memperkuat kedudukan internasional mereka dengan memberi pengalaman belajar yang positif dan peluang karier global kepada para siswa,” kata Laxon.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa siswa internasional merupakan bagian penting dari lanskap pendidikan tersier di Selandia Baru. Data terakhir menunjukkan bahwa pada 2016, ada lebih dari 27.640 mahasiswa internasional yang belajar di salah satu dari delapan universitas negara itu.

Bagi Candy Gunawan, alumni Indonesia dari Le Cordon Bleu di Wellington, pengalamannya di Selandia Baru merupakan kunci dalam membantu mempersiapkan dirinya dari tuntutan karier profesionalnya. Studi selama tiga tahun di Le Cordon Bleu telah menjadi pengalaman paling berharga dalam hidup saya. Belajar di Selandia Baru memungkinkan saya untuk tidak hanya lulus studyinnewzealand.com ן enz.govt.nz dengan gelar dari salah satu institusi kuliner paling terkenal di dunia, namun juga membantu saya menumbuhkan keterampilan yang saya butuhkan untuk berprestasi dalam seni kuliner.

“Melalui penempatan kerja, saya banyak belajar menguasai teknik kompleks yang dibutuhkan dalam masakan dan patisserie  Perancis, sekaligus mempelajari bagaimana mengelola bisnis saya sendiri, menjadi pemimpin, dan mencari solusi,” kata dia.

“Saya merasa senang melihat makin banyak mahasiswa Indonesia memilih Selandia Baru sebagai tujuan studi mereka. Tren positif ini mencerminkan hubungan yang kuat antara Indonesia dan Selandia Baru, dengan ribuan mahasiswa Indonesia sekarang menempa karier yang mengesankan di Indonesia dan di seluruh dunia. Kami berharap dapat menyambut lebih banyak siswa dalam waktu dekat,” ujar Laxon menambahkan. Peringkat QS menilai reputasi akademis, reputasi pelaksana, rasio fakultas terhadap siswa, prestasi fakultas, fakultas internasional dan siswa internasional.

” Untuk informasi lebih lanjut tentang pilihan studi di Selandia Baru, silakan kunjungi: https://www.studyinnewzealand.govt.nz/,” pungkas Laxon.

(eli)

LEAVE A REPLY