Masyarat Miskin di Kabupaten Nias mendapat Jaminan Kesehatan dari Pemkab Melalui Jamkesmas

Masyarat Miskin di Kabupaten Nias mendapat Jaminan Kesehatan dari Pemkab Melalui Jamkesmas

168
0
BERBAGI

 

NIAS (M.sindoraya) – Pemerintah Kabupaten Nias memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat kurang mampu tanpa dibebani biaya melalui program Jamkesmas, hal ini dilakukan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan sekaligus membuktikan bahwa program Pemerintah saat ini pro dengan rakyat.

Program Jamkesmas yang  Pro Rakyat ini di paparkan langsung oleh Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli, MM didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias, Marthin L Harefa, SKM, M.Kes saat konferensi pers yang dilaksanakan di ruang rapat lantai pertama Kantor Bupati Nias, Rabu (21/6).

Dalam penjelasannya, Pemerintah Kabupaten Nias telah menganggarkan 8 Miliar untuk Jaminan Kesehatan Masyarat (Jamkesmas) dalam jangka waktu 12 Bulan selama tahun 2017 untuk 19.746 jiwa masyarakat miskin di Nias yang dianggarkan di APBD Kabupaten Nias.

Masyarakat Nias yang tergolong Miskin dan tidak terkaver sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari APBN, jelas Bupati Nias

Lanjut Bupati dalam pemaparannya, program jaminan kesehatan Masyarakat Kabupaten Nias di selenggarakan oleh Pemerintah Daerah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Diakhir penjelasannya, Bupati Nias menjelaskan mekanisme pendaftar sebagai peserta Jamkesmas yaitu, diawali oleh pendataan dari Kepala Desa bersama  Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dengan diketahui oleh Camat. Setelah pendataan terjadi maka dinas sosial akan melakukan verivikasi  kelayakan calon peserta sesuai kriteria, yang kemudian akan di terbitkan Keterangan keluarga miskin,verifikasi selanjutnya dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk menghindari duplikasi kepesertaan, jelas Bupati Nias.

Dari data yang ada sebanyak 86.564 jiwa sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) Pusat, sedangkan dari PBI Provinsi tercatat 1.299 Jiwa dan 19.746 Jiwa di biayai oleh PBI Kabupaten Nias pada tahun 2017.

(Sacrist)

LEAVE A REPLY