M. Sholeh : Yang Harus HT Lakukan ” LAWAN”

M. Sholeh : Yang Harus HT Lakukan ” LAWAN”

728
0
BERBAGI

 

Surabaya (M.Sindoraya) – Penetapan tersangka oleh Polri pada Hary Tanoesoedibjo (HT) terkait sms HT kepada Jampidsus Kejagung Yulianto mendapat perhatian dari berbagai kalangan. Kali ini Muhammad Sholeh SH, pengacara kondang dari Surabaya ikut berbicara.

Menurutnya, Pasal 29 Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) bisa menjadi pasal karet yang bisa dijadikan alat untuk menjerat siapa saja.

” Ketua partai besar saja bisa dijadikan tersangka dengan menggunakan pasal ini, maka siapapun saya atau anda, tukang becak, penjual bakso tentu akan lebih mudah kena pasal ini,” ujarnya saat menjadi nara sumber Cangrukan Arek Suroboyo Menggugat, di Food Court Urip Sumoharjo Surabaya, (Kamis 29/6).

Pengacara muda yang pernah Nyaleg di Gerindra ini menambahkan, hal ini bukan cuma ” kriminalisasi ” tapi lebih ke ” Pembodohan Hukum ” yang dilakukan aparat polisi kepada masyarakat sebab pasal ini sudah jelas tapi dibolak-balik, seakan-akan sms yang adalah sebuah kritikan itu menjadi sebuah sms ancaman kekerasan yang seakan-akan menakut-nakuti jaksa Yulianto. SMS ini sama sekali tidak ada unsur ancaman tetapi hanya kritikan dan cita-cita seseorang apabila menjadi pemimpin akan membersihkan aparat penegak hukum dan itu betul, kalau tidak punya cita-cita membersihkan aparat penegak hukum ya nggak usah berharap jadi pemimpin.

Baca juga :

http://www.mediasindoraya.com/2017/06/30/arek-suroboyo-sikapi-fenomena-penetapan-ht-sebagai-tersangka/

Dalam sesi tanya jawab, sholeh juga menjelaskan bahwa HT harus melawan karena sudah menyangkut harga diri. Takutnya, masih Sholeh, HT akan dijadikan uji coba setelah kasus AHOK yang penuh intervensi.

Cara melawan menurut Sholeh, pertama mau tak mau HT harus mengajukan kajian SMS terhadap Pasal 29 UU ITE kepada Mahkamah Konstitusi.

Kedua, mempersoalkan penetapannya sebagai tersangka melalui pra peradilan.

Dan yang ketiga solusi dari M. Sholeh adalah mempersoalkan masalah pencekalan ke luar negri karena tidak logis, HT adalah seorang pengusaha besar yang banyak berhubungan dengan pihak luar, kalau tidak bisa kemana-mana karena alasan ” Dicekal ” hal itu akan menghancurkan bisnisnya.

Berikut cuplikan wawancara dengan Muhammad Sholeh :

https://www.youtube.com/watch?v=k0oITHQoBxQ&feature=youtu.be

 

(nawi)

LEAVE A REPLY