UBAYA Ajak Generasi Muda Berani dan Percaya Diri dalam Berkarya

UBAYA Ajak Generasi Muda Berani dan Percaya Diri dalam Berkarya

78
0
BERBAGI

Surabaya (M.Sindoraya) – Jurusan Teknik Manufaktur Fakultas Teknik Universitas Surabaya gelar seminar Manufacturing Technology Update. Bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan  Indonesia, kali ini tema yang diusung adalah “Teknologi dan Karya Anak Bangsa”. Seminar yang diikuti oleh sekitar 200 orang akademisi, prakrtisi industri, mahasiswa serta guru dan siswa SMA ini akan membahas beberapa teknologi dan karya putra-putri Indonesia, yang berperan besar dalam pertumbuhan manufaktur Indonesia. Seminar dengan keynote speaker Prof. Dr. (H.C) Dahlan Iskan ini dilaksanakan pada Rabu, 16 Agustus 2017 pukul 08:00 – 10.00 di Gedung Perpustakaan lantai 5, Kampus Tenggilis Universitas Surabaya Jalan Raya Kalirungkut Surabaya. Prof. Dr. (H.C) Dahlan Iskan juga akan membawa dua mobil listriknya, yang salah satunya merupakan karya anak bangsa di depan perpustakaan Universitas Surabaya.

Pembangunan sektor industri nasional, berdampak pada tingginya kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas. Persaingan internasional yang cukup ketat akibat arus barang impor juga semakin menekan keberadaan produksi barang di Indonesia. Daya saing bangsa harus terus ditingkatkan dengan menumbuh-kembangkan generasi muda dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan juga kreatifitas. Tujuan dari seminar ini adalah mengajak generasi muda berani dan percaya diri dalam berkarya bagi negara ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat bisnis dan industri, khususnya di bidang manufaktur.

“Banyak produk-produk asing yang masuk di Indonesia dan menekan produksi dalam negri, sekarang mulai banyak bermunculan karya-karya anak bangsa yang bagus dan mampu bersaing dengan produk luar negri,” ungkap Sunardi Tjandra, S.T., M.T., selaku Ketua Jurusan Teknik Manufaktur Universitas Surabaya.

Pembicara utama dalam seminar ini adalah Prof. Dr. (H.C) Dahlan Iskan yang akan berbicara mengenai “Potensi Anak Bangsa”. Setelah itu akan ada sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh Yuwono Budi Pratiknyo, S.T., M.T.

Berikutnya akan ada 3 pembicara lagi yaitu Taufiqullah, selaku Deputy General Manager Asia Development Center PT. Komatsu Indonesia. Budhi Murniawan, selaku Program Manager P6 ATAV PT. Sentra Surya Ekajaya. Selanjutnya ada Widjaja Sugiharto, Direktur PT. Hansjaya Mesinary dan juga sekaligus alumnus Teknik Manufaktur Universitas Surabaya. Dr. Ir. Susila Candra, M.T. akan menjadi moderator bagi ketiga pembicara tersebut.

“Sudah menjadi rahasia umum, bahwa masyarakat Indonesia belum 100% yakin dengan produk dalam negri, melalui seminar ini kami ingin mendorong masyarakat Indonesia supaya bisa bangga dan percaya dengan produk-produk karya anak bangsa,” jelas Sunardi yang juga merupakan ketua seminar Manufacturing Technology Update.

(nawi)

LEAVE A REPLY