DUSUN KARANG KENEK DESA OLEAN MEMILIKI KISAH MISTERIUS

DUSUN KARANG KENEK DESA OLEAN MEMILIKI KISAH MISTERIUS

396
0
BERBAGI
Situbondo, (M.Sindoraya) – Desa Olean salah satu Desa yang berada di Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo Jawa Timur, salah satu Desa yang memiliki Pabrik Gula PTPN XI ( Persero ) PG. Olean, Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo.
Desa Olean Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo memiliki salah satu Dusun dengan nama Dusun Karang kenek, perkembangan penduduk Desa Olean   semakin tahun bertambah pesat  berdasarkan data statistic, namun satu Dusun Karang kenek ini  mulai dulu penduduknya hanya 26 Kepala Keluarga ( KK ), anehnya setiap ada  penambahan warga baru akan terjadi pergeseran warga yang lain baik itu keluar dari dusun tersebut atau meninggal.  “ Ujar warga setempat.
Letak Dusun Karang Kenek atau Dusun Kandang barat Desa Olean berada di ujung paling barat  perbatasan dengan Desa Duwet, posisi di tengah-tengah sawah serta dikelilingi pepohonan besar, areal pemukiman rumah  seluas kurang lebih 2 hektar,  ironisnya apabila sawah tersebut ditanami tebu maka Dusun tersebut tidak kelihatan namun alat penerang berupa listrik sudah ada, kalau siang hari sepertinya Dusun mati yang tidak kelihatan seperti Dusun biasanya bahkan berkesan tanah kuburan / Bujuk keramat.
Mencoba menguak lebih dalam tentang Dusun Karang Kenek, Wartawan M. Sindo Raya, berkunjung ke dusun tersebut menemui  Ketua RT.02  RW.06 “ ternyata dibenarkan dusun tersebut  berjumlah 26 KK, begitu juga  Sumber data yang kami himpun dari LSM – Jaringan Kemitraan Masyarakat – JKM Kabupaten Situbondo “ ARMITO ALI BABA ‘ atas tuturnya “  Sebelum Mbah Sahur meninggal dunia menyampaikan dusun Karang Kenek memang mengandung mesterius, dari jumlah Kepala Keluarga saja tidak mau ditambah tetap mulai dulu 26 KK, apabila ada yang meninggal pasti ada yang datang sebaliknya apabila ada yang datang pasti yang meninggal, dikampung Karang Kenek banyak satwa yang hidup disana, seperti Biawak, beraneka jenis Ular sama sekali tidak pernah mengganggu warga setempat, itupun nyamuk sepanjang musim tidak pernah mengusik warga disekitarnya.. Ujarnya. ( 07 / 09 / 2017 )
Meskipun Dusun Karang Kenek mengandung mitos, warga tidak ada niat untuk pindah ke Dusun lain, karena Dusun ini peninggalan leluhurnya, meskipun mitos ini menyelimuti kehidupanya, “ Ungkapnya  “ aktivitas warga Dusun Karang Kenek sebagian petani / buruh tani, ada yang usaha toko / warung peracangan apabila ada kebutuhan rumah tangga yang lebih besar datang ke pasar Olean. “ Ucapnya “
Kunjungan Wartawan M. Sindo Raya kepada Kepala Desa Olean “ ANSORI “ membenarkan dengan adanya mitos di Dusun tersebut, dan kami sudah melakukan langkah – langkah ruwatan / selamatan disana untuk menghilangkan Mitos tersebut, namun sampai sekarang belum diketahui dari mana asal-usul datangnya mitos sampai sekarang masih mengandung misteri., saya pernah melakukan pendekatan pada mereka agar memilih tempat domisili yang lebih nyaman, aman, namun mereka tetap memilih hidup disana karena ini peninggalan leluhur saya “  katanya “ saya selaku Kepala Desa tetap memberikan pelayanan yang terbaik, dan akan terus nerusaha untuk  mencari asal-usul Dusun Karang Kenek, kenapa dusun tersebut maunya angka 26, Dusun Karang Kenek  pernah di kunjungi oleh anggota DPR RI bersama kelompok Sadar Wisata pada tahun yang lalu namun masih belum ada respon positif, kami selaku kepala Desa tetap berharap kepada semua elemen masyarakat serta Lembaga Pemerintah Kabupaten, Provinsi, dan Pusat untuk bisa melakukan penelitian untuk bisa memastikan keberadaannya, dimungkinkan apakah ada silsilah dari sejarah leluhur atau kerajaan terdahulu, semata-mata bisa mendongkrak budaya Indonesia serta  popolaritas Desa Olean Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo. “ Ujarnya.
(mit)

LEAVE A REPLY