Bupati Pasuruan Buka PASURUAN JOB FAIR 2017

Bupati Pasuruan Buka PASURUAN JOB FAIR 2017

135
0
BERBAGI
.
.
.

Pasuruan (M.Sindoraya) – Lebih dari 4000 lowongan dari 40 perusahaan ternama di Jawa Timur dan memberikan kesempatan kepada kualifikasi lulusan SD/SMP/SLTA/S1/S2 dalam gelaran PASURUAN JOB FAIR 2017, pada hari ini dan besok 13-14 September 2017

Giat yang terselenggara oleh Disnaker Kabupaten Pasuruan di Upt. Disnaker LKD, Jl. Ry. Pasuruan – Probolinggo Km. 4, Ds. Sambirejo Kec. Rejoso Kab. Pasuruan dibuka oleh Bupati H.M. Irsyad Yusuf, SE, MMA.

Pembukaan Pasuruan Job Fair 2017 diawali dengan tarian Mojang Priangan dan yang menarik adalah Tari Pasuruan Gumuyup karya Bupati Irsyad, ditampilkan dengan apik oleh siswi SMKN 1 Gempol.

Beranjak ke kata sambutan, yang pertama adalah laporan dari ketua panitia Pasuruan Job Fair 2017 yang adalah Plt. Disnaker Kab. Pasuruan Drs. Akhmad Khasani, M.si.

Plt. Disnaker Kab. Pasuruan Drs. Akhmad Khasani, M.si saat ditemui Kabiro Pasuruan Media Sindoraya Ligrinda Ambaranis S.psi, disela kegiatan Pasuruan Job Fair, (13/9)

Dalam laporannya, Khasani menjelaskan dasar hukum gelaran tersebut adalah UU no. 13 th. 2003 tentang ketenaga kerjaan, Permen RI no. 39 th. 2016 tentang penempatan tenaga kerja dan Perundangan Kerja tahunan Dinas Tenaga kerja tahun 2017.

Menurut Khasani, pelaksanaan ini juga merupakan agenda Pemkab Pasuruan dalam rangka memperingati hari jadi Kab. Pasuruan yang ke – 1088 tahun 2017.

Job Fair yang sudah ke lima kali dan baru dua kali ini diselenggarakan di Upt. Disnaker LKD diharapkan dapat memberikan akses dan informasi yang cukup penting, baik bagi tenaga kerja maupun bagi pengguna tenaga kerja. Gelaran ini juga bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kab. Pasuruan melalui upaya penanggulangan atau pengurangan pengangguran.

Pria yang belum lama menggantikan Ir.H. YoyoK Heri S.MSi, sebagai Plt. Disnaker Kab. Pasuruan ini juga melaporkan bahwa pembangunan bidang ketenaga kerjaan ini merupakan salah satu jenis pembangunan yang komplek, multi dimensi dan dinamis, oleh karena itu diperlukan strategi dan kebijakan yang sistematis, berjenjang dan bertahap. Kebijakan yang sistematis, berjenjang dan bertahap hanya dapat dilakukan melalui keberlanjutan dan kesinambungan kepemimpinan Kepala Daerah.

Sebagai acara pamungkas, Bupati H.M. Irsyad Yusuf, SE, MMA. didaulat untuk meberikan sambutan sekaligus membuka Gelaran Pasuruan Job Fair 2017 dengan membunyikan gong sebanyak 5 kali sebagai lambang Pancasila dengan 5 silanya.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan rasa bangganya karena menurut data BPS tahun 2016, angka kemiskinan di Kab. Pasuruan mengalami penurunan dan jauh dibawah pada skala Nasional maupun Jawa Timur. Ini menunjukkan bahwa Job Fair yang diadakan setahun 2 kali sudah terlihat manfaatnya Daerah.

Bupati menambahkan, saat ini di Kab. Pasuruan sudah ada UPT Latihan Kerja Daerah yang dibangun dengan menelan biaya APBD sebesar 40 Miliar lebih dan didukung program 3 in 1 yang tujuannya untuk memfasilitasi para pencari kerja di Kab. Pasuruan ini.

Selain bekerjasama dalam Job Fair ini, UPT diharapkan dapat bersinergi dan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan dari Kab. Pasuruan dalam hal penyiapan sumber daya manusia.

 

Secara umum, masih kata Bupati, tujuan kegiatan ini adalah bagaimana masyarakat kita memiliki kesempatan untuk memperoleh pekerjaan yang seperti dilaporkan ada lebih dari 4000 lowongan pekerjaan.

Menyinggung tentang Dispabilitas wilayah Barat dan timur kab. Pasuruan, Bupati mengakui bahwa diwilayah timur masih tertinggal. Oleh karena itu Bupati akan me-Review tata ruang, membuka lebar peluang investasi di wilayah timur dan didukung adanya tol baru dan juga sumber energi yang memadai, dirinya berharap muncul perusahaan-perusahaan baru yang dapat menampung tenaga kerja di wilayah timur Kabupaten.

Akhir kata, Bupati berterima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara ini dan memohon kepada pihak APINDO dan Serikat pekerja untuk selalu menjaga kondusifitas, selalu berkomunikasi dengan baik dan menyelesaikan segala permasalahan dengan cara musyawarah.

Ayu salah seorang pencari kerja asal Rejoso, satu diantara ribuan pencari kerja mengaku senang dengan agenda pemerintah seperti saat ini. Lulusan SMA Al Marif Singosari ini memang saat ini membutuhkan pekerjaan dan bersyukur kesempatan tersebut ada. Ayu berharap agenda seperti ini menjadi kegiatan rutin sehingga dapat memfasilitasi pencari kerja di wilayah Kab. Pasuruan dan sekitarnya, sehingga secara otomatis akan mengurangi pengangguran dan menurunkan angka kemiskinan.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Pasuruan, Anggota DPRD Komisi 4 Kab. Pasuruan, jajaran Forkominda, Disnakertrans Jatim, Sekda, Ketua APINDO, Pimpinan Serikat Pekerja & Buruh, Perwakilan Kementrian Tenaga Kerja, Perwakilan dari Polres Kabupaten dan Kota Pasuruan, Perwakilan dari Detasemen AU Raci dan juga tamu perwakilan dari Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah.

(nawi)

 

LEAVE A REPLY