PMP Desak Menager NHM Pekerjakan Kembalikan 21 Security

PMP Desak Menager NHM Pekerjakan Kembalikan 21 Security

86
0
BERBAGI

 

TOBELO, (M.Sindoraya.com) – Setelah rencana pemutusan Hubungan Kerja(PHK), sebanyak 21 Tenaga kerja Security PT Nusa Halmahera Mineral (NHM), melalui tripatri di Jakarta Pusat, kembali di tolak pihak Menangkan pancasila (PMP) Kabupaten Halmahera Utara serta serikat Butuh.

Ketua Menangkan Pancasila PMP Skitno Poroco Kepada Sindoraya, Minggu (01/10/2017) mengatakan, PHK terhadap 21 Tenaga Security ini sangat tidak rasional. Dilihat dari proses rekrutmen tenaga kerja itu dimulai dari non sebagai pengganti pekerja lokal, dan  dengan alasan PHK itu bahwa keuangan Perusahan lagi tidak stabil maka ada rencana pengurangan Tenaga kerja, “saya rasa rencana PHK ini ada motif untuk mengganti pekerja Lokal dengan pekerja Non Lokal.

Sebelumnya sudah ada mediasi yang dihadiri keterwakilan dari serikat buruh, pemerintah daerah Halut dan Pihak management NHM dengan agenda putusan 21 tenagah kerja security PT NHM. Alhasil dalam putusan tersebut tidak bisa dirubah, sebanyak 21 Security tetap di keluarkan dari PT NHM.

Dengan cara seperti ini yang dilakukan pihak PT NHM, akan tetap melakukan konsoludiasi kepada masyarakat di daerah lingkar tambang untuk melakukan aksi pemboikotan serta mogok kerja, hingga 21 Security itu dikembalikan beraktifitas kembali

Ketua Serikat Buruh Abdul Majid menambahkan, tenaga kerja security lokal itu seharusnya menjadi tanggung jawab PT NHM dan Pemda Halut. Untuk memperdayakan Sumber Daya Manusia di NHM. Jika Pemda mendiamkan hal ini maka, jangan salahkan kami atas nama serikat untuk memboikot aktivitas PT NHM. Tegasnya

Terpisah Sekertaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halut   Fahrudin Hamiru, menjelaskan sementara ini sudah di upayakan untuk 21 Security NHM yang juga masyarakat lingkar tambang, untuk kembali bekerja. “ kami dari Komisi III akan mengawal mediasi Tripatri di Jakarta. Untuk itu PMP dan serikat Buru agar tidak mengambil tindakan yang merugikan sebela pihak. serahkan saja kepada pemerintah, pintahnya   (jmr)

LEAVE A REPLY