Uji Ketahanan Fisik, Personel Diskes Lantamal V & Prajurit Yonmarhanlan V...

Uji Ketahanan Fisik, Personel Diskes Lantamal V & Prajurit Yonmarhanlan V Latihan Hanmars

51
0
BERBAGI

 

Surabaya (M.Sindoraya) – Untuk menguji ketahanan fisik,  sedikitnya 160 prajurit dari Dinas Kesehatan Lantamal V dan Prajurit Batalyon Pertahanan Pangkalan V  (YonmarhanlanV) melaksanakan latihan Hanmars (jalan kaki jatak jauh:red) gabungan yang dipimpin langsung Kadiskes Lantamal V Kolonel Laut (K) Dr Asih Puji Widodo dan Danyonmarhanlan V  Mayor Mar Agus Hariyanto, M.Tr.Hanla, Jum’at (29/9).

Menurut Kadiskes Lantamal V,  tujuan dilaksanakannya latihan Hanmars gabungan ini adalah untuk tetap menjaga kebugaran fisik prajurit.

“Latihan ini sudah sering kita laksanakan untuk tetap menjaga kebugaran fisik para prajurit, selain juga merupakan  binpers dalam memelihara kemampuan dasar prajurit, menambah spririt dan jiwa korea satuan,” terang Puji-Kadiskes Lantamal V ini. Namun lanjutnya, pelaksanaan latihan Hanmars gabungan dengan Yonmarhanlan V ini merupakan latihan perdana.

Sementara itu Danyonmarhanlan V membenarkan pelaksanaan Hanmars gabungan dengan Diskes,  menurutnya latihan Hanmars bagi Yonmarhanlan V sendiri pelaksanaannya sudah terprogram setiap bulannya,  pelaksanaannya tiga kali dalam sebulan.

Dimasa damai seperti ini lanjutbya,  kita melaksanakan latihan terus menerus sesuai program yang telah dijadwalkan untuk menyiapkan fisik guna menjaga kesiapsiagaan kapanpun pasukan digerakkan untuk pelaksanaan tugas.

Adapun route Hanmars  dimulai dari Mako Yonmarharlan V, Penjagaan Pomal, Patung Gajah Mada, Pos Candi, Menkav, Alstom, Bandarejo, Pos Swedi, Pos Bulak Banteng, Pos Wonosari, Kolatarmatim finish kembali di MakoYonmarharlan V dengan jarak tempuh 10 kilometer.

Latihan ini sengaja mengambil route di dalam basis TNI AL agar para prajurit lebih memahami situasi dan lebih peka terhadap lingkungan di sekitarnya. Secara bertahap, latihan ini akan ditingkatkan.

Sementara ini jumlah personel yang mengikuti laithan ini memang kita batasi, akan tetapi secara berkesinambungan akan terus  ditingkatkan, baik itu beban yang dibawa (perlengkapan dalam ransel, red) maupun jumlah personel yang terlibat. (nawi)

LEAVE A REPLY