Gong Pilkada Sikka 2018 Ditabuh, Parpol Hanya Sebagai Boneka

Gong Pilkada Sikka 2018 Ditabuh, Parpol Hanya Sebagai Boneka

530
0
BERBAGI

SIKKA (M.Sindoraya) – Gong pemilihan kepala daerah (pilkada) bupati dan wakil bupati 2018 Kabupaaten Sikka sudah ditabuh oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat. Acara launching ini berlangsung , Rabu (4/10/17) di Kantor Sekretariat KPUD Sikka, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka.

Pada saat acara tersebut, pantuan media, pengurus partai politik tidak diberikan kesempatan bersama-sama dengan para tamu undangan lainnya untuk berdiri di panggung mendampingi Ketua KPU Provinsi NTT , Maryanti H. Luturmas Adoe yang menabuh gong Pilkada Sikka 2018.

Pengurus Partai Politik di Kabupaten hanya menjadi hiasan melengkapi aksesoris dekorasi tenda acara lauhcing tersebut. Keistimewaan pengurus partai politik hanya diberikan kursi plastik yang berbalut warna KPUD.

Memang, Lauhcing Pilkada Sikka 2018 berbeda dengan Pilkada 2013. Dimana Pilkada Sikka 2013, semua pimpinan partai politik diberikan kesempatan untuk naik diatas panggung ,karena pesta demokrasi tersebut merupakan hajatan Partai Politik.

Ketua DPC PKB Kabupaten Sikka, Yoseph Karmianto Eri mengatakan, dalam acara tersebut Partai Politik tidak dilibatkan untuk menabuh gong pilkada Sikka tersebut. Pilkada Sikka ini merupakan hajatan partai politik tetapi tidak dilibatkan dalam acara serimonial tersebut.

” Acara tadi bagus di KPUD tetapi masih sedikit kuranglah, hanya forkompida yang dilibatkan untuk naik di panggung, mewakili partai politik tidak ada , ini hajatan partai politik loh. Kita juga harus diberikan penghargaanlah ” Tegasnya anggota DPRD Sikka ini.

Manto sapaan sehari-hari ini menegaskan, kegiatan yang dilaksanakan oleh KPUD Sikka biar serimonial tetapi ini merupakan awal sebuah pesta demokrasi . Partai politik harus di panggil untuk memberikan suport dalam kegiatan tersebut. Bandingkan pilkada lima tahun kemarin, Partai politik diberikan peran juga dalam kegiatan tersebut tetapi tahun ini beda sekali.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Sikka, Donatus Nahak mengungkapan kegiatan yang bagus tetapi partai politik tidak dilibatkan. Pengurus partai politik yang datang hanya menjadi penonton

“Masa kita tidak dilibatkan dalam kegiatan tersebut, saya kecewa sekali, masa perwakilan satupun partai politik tidak ada yang mewakili untuk naik di atas panggung tersebut . Kegiatan ini hajatan partai politik ” Ucapanya

Hal yang sama juga ditambahkan, Ketua DPD PAN Kabupaten Sikka, Philipus Fransiskus mengatakan dalam acara tersebut semestinya Partai Politik yang ada di Kabupaten Sikka harus diberikan peran. Partai politik sebagai lembaga resmi yang mengkaderkan orang untuk maju menjadi Bupati Sikka dan Wakil Bupati Sikka 2018.
” Etikanya kita juga harus diberikan peran juga, tapi sudahlah, kita bersyukurlah kita diundang dalam kegiatan tersebut” Kata Anggota DPRD Sikka ini.

Sementara itu, Jurubicara KPUD Sikka Feri Soge saat dikonfirmasi mengatakan kita tidak undang pengurus partai politik untuk naik diatas panggung bersama dengan forkompida yang lain , karena panggung yang sediakan sangat kecil.

” Kalau semua pengurus partai politik kita panggil naik diatas panggung tersebut, kalau panggung roboh bagaimana jadinya,” ucapnya. (ANG)

LEAVE A REPLY