Danlantamal V Hadiri Peresmian Pesawat Udara Beechcraft King Air 350i U-6401...

Danlantamal V Hadiri Peresmian Pesawat Udara Beechcraft King Air 350i U-6401 oleh Kasal

56
0
BERBAGI

 

Sidoarjo (M.Sindoraya) – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., menghadiri peresmian pesawat udara Beechcraft King Air 350i U-6401 oleh Kepala Staf Angkatan Laut c(Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.AP., di Long Room Vip 1 Base Ops Lanudal Juanda, Sidoarjo, Jum’at (13/10).

Pesawat Beechcraft type King Air 350i U-6401 ini, merupakan pesawat buatan Beechcraft, Wichita, Kansas USA, yang akan melengkapi alutsista di jajaran Penerbangan Angkatan Laut sebagai pesawat angkut personel VVIP di bawah Komando Skuadron 600 Wing Udara 1.

Pesawat King Air 350i merupakan pesawat bermesin ganda berkekuatan 1.050 HP, Double Engine Turbotrop dan berbahar bakar Avtur. Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan maksimal 578 Km/Jam atau 312 Knot, memiliki kemampuan jelajah 1.806 Nm atau 3.345 Km dengan ketinggian 35.00 Feet, berdimensi tinggi 4,37 M, lebar 17,65 M dan panjang 14,22 M, serta mampu mengangkut 9 penumpang dengan desain terbuat dari bahan struktur konvensional semi monocoque alumunium alloy.

Rangkaian peresmian Pesawat King Air 350i ini, diawali dengan acara serah terima yang dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima Pesawat dan penyerahan dokumen yang di tandatangani oleh Aslog Kasal, Danpuspenerbal, Kadisadal dan Dirut PT Anten Asri Perkasa yang disaksikan oleh Kasal.

Selain itu dilaksanakan juga penyerahan Miniatur Pesud King Air 350i U-6401 dari Dirut PT Anten Asri Perkasa kepada Kasal Laksmana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. kemudian acara dilanjutkan dengan pelaksanakaan Pentasbihan Pesud sebagai simbol diresmikannya alutsista tersebut.

Kasal dalam amanatnya menyampaikan bahwa pembangunan kekuatan TNI AL tahap kedua 2015-2019 Penerbangan TNI AL terus mengembangkan Alutsista pesawat udara untuk fungsi anti kapal selam, anti kapal permukaan, pendaratan lintas helikopter, dukungan logistik taktis dan pesawat udara latih. Kebutuhan pesawat tersebut tentunya untuk menjawab ancaman yang mengganggu eksistensi keamanan nasional yang memiliki nilai strategis baik untuk kepentingan pelayaran, perdagangan, komunikasi, perikanan pertambangan dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, saat ini TNI AL sedang melaksanakan modernisasi Alutsista secara bertahap, hal ini ditandai dengan datangnya Pesawat King Air 350i buatan Beechcraft, Wichita, Kansas USA guna memperkuat Pusat Penerbangan Angkatan Laut sebagai pesawat udara angkut taktis dengan tai number U6401. Kedepan Puspenerbal akan menerima pesawat baik Fix Wing maupun Rotary Wing guna menunjang tugas pokok sebagai bagian dari SSAT.

Tampak hadir dalam acara peresmian pesawat King Air 350i yaitu Aslog Kasal, Pangarmatim, Komandan Kodiklatal, Gubernur AAL, Danpuspenerbal, Kadispsial,Kadisadal, Danlanudal serta  tamu undangan lainnya. (nawi)

LEAVE A REPLY