Gus Ipul Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Gus Ipul Ajak Masyarakat Hidup Sehat

40
0
BERBAGI
Wagub Jatim Saifullah Yusuf hadiri baksos hari jadi Prov Jatim di kecamatan Karang Pilang Sabtu pagi (14/10)

 

Surabaya (M.Sindoraya) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf mengajak masyarakat Jatim, khususnya warga Kecamatan Karangpilang untuk hidup sehat. Caranya, dengan rutin berolahraga, rajin mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, serta rutin memeriksakan kesehatan.

Ajakan itu disampaikannya saat Membuka Bhakti Sosial dalam rangka Memperingati Hari Jadi ke-72 Provinsi Jawa Timur Tahun 2017 di Lapangan sepakbola Karang pilang Kota Surabaya, Sabtu (14/10) pagi.

Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim mengatakan, dengan rutin berolahraga, minimal setengah sampai satu jam sehari akan menjaga tubuh tetap bugar dan mencegah berbagai penyakit. “Mudah-mudahan olahraga bisa menjadi kebiasaan seluruh masyarakat di semua usia” katanya.

Usai berolahraga, diharapkan masyarakat juga rajin mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. “Pilihlan sayur-sayuran dan buah-buahan lokal, jangan yang impor karena lebih bagus produk Indonesia. Cintailah produk-produk Indonesia” ujarnya.

Pria kelahiran Jombang ini juga menyarankan masyarakat agar rutin memeriksakan kondisi kesehatannya., minimal enam bulan sekali. Fasilitas pemeriksaan kesehatan bisa didapatkan di klinik-klinik maupun puskesmas yang tersedia.

“Dengan periksa secara rutin, kita akan mengetahui kondisi tubuh kita. Sehingga jika ada penyakit dapat dideteksi lebih dini, diobati lebih cepat, sehingga tidak semakin parah” jelasnya.

Jangan Berputus Asa dengan RahmatNya

Dalam kesempatan yang sama, Gus Ipul menegaskan kepada masyarakat, khususnya yang kurang beruntung agar tidak pernah berputus asa dengan rahmatNya. Pasalnya, banyak jalan yang bisa ditempuh untuk mewujudkan impian. Salah satu sosok yang dapat dijadikan inspirasi adalah Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo atau yang lebih akrab disapa Pakde Karwo.

“Pakde Karwo itu lahir di desa, dari keluarga yang kurang mampu. Namun karena kerja keras, berpendidikan tinggi, dan punya keterampilan, beliau bisa menjadi Gubernur. Jadi setiap orang punya kesempatan yang sama asal bisa memanfaatkan kesempatan itu dengan baik” katanya.

Karena itu, orang nomor 2 di Pemprov Jatim ini meminta anak-anak yang saat ini kondisinya belum beruntung untuk terus berjuang menggapai mimpi. “Jangan putus asa meraih cita-cita, Allah SWT memerintahkan kita untuk tidak pernah putus asa terahdap rahmatNya” lanjutnya.

Tiga ribu Warga Dapat Bantuan

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi  mengatakan, sebanyak tiga ribu warga kurang mampu mendapat bantuan dari Pemprov Jatim dalam bhakti sosial ini. Selain itu, terdapat berbagai fasilitas kesehatan gratis yang dapat dimanfaatkan oleh warga Karang Pilang.

Diantaranya pengobatan gratis, pelayanan kesehatan umum dari RSUD Soetomo dan RSUD Haji, pemeriksaan kusta dari RS. Sumberglagah Mojokerto, pemeriksaan TBS dari RS Paru Tembok Surabaya, pelayanan pemeriksaan lab, gula darah, asam urat, kolesterol, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, pemberian obat-obatan dari PDGI dan Dinkes Prov Jatim, konseling gizi, dan pelayanan kesehatan jiwa dari RSJ Menur Surabaya. (adit/nawi)

LEAVE A REPLY