Pencanangan Kelambu Massal Dan Pemberian Obat Pencegahan Penyakit Kaki Gajah

Pencanangan Kelambu Massal Dan Pemberian Obat Pencegahan Penyakit Kaki Gajah

108
0
BERBAGI

 

Manokwari ( M.Sindoraya ) – Pencanangan pekan kelambu massal dan pemberian obat pencegahan penyakit kaki gajah di laksanakan pada sabtu 14/10/17 bertempat di lapangan borarsi Manokwari Papua Barat.

Provinsi Papua Barat menduduki nomor urut kedua setelah Provinsi Papua yang terkena dampak penyakit kaki gajah. Oleh karena itu perlu di lakukan pencegahan bagi malaria dan penyakit kaki gajah untuk anak anak.

Pencanangan yang di mulai sejak pukul 07.00 pagi ini diawali dengan senam bersama oleh Gubernur Papua Parat serta Bupati Manokwaru yang di wakili oleh Wakil Bupati Manokwari serta unsur forkopimda yang hadir.

Dalam sambutannya Dominggus Mandacan mengatakan, Pemerintah Prov Papua Parat beniat untuk menuntaskan masalah penyakit kaki gajah pada tahun tahun 2019.

”Telah terjadi penurunan yang signifikan pada kasus Malaria dari 85,1 per-1000 penduduk pada tahun 2009 menjadi 18,1 per-1000 penduduk pada tahun 2016″. Jelas Gubernur Mandacan, dalam sambutannya.

Namun demikian, dengan jumlah kasus Malaria sebesar 16.156 pada tahun 2016, dengan jumlah 1035 penderita bayi, 3974 kasus pada balita, 97 kasus pada ibu hamil, dan selebihnya menyerang anak usia sekolah dan orang dewasa, Provinsi Papua Barat masih berada di posisi kedua dari lima provinsi yang masih mengalami masalah besar Malaria.

Kelima Provinsi ini berurutan, yaitu Provinsi Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Maluku Utara. ”Kita dituntut Bebas Malaria di Papua Barat, paling lama tahun 2027, sementara di seluruh Tanah Air harus mengeliminasi Malaria di tahun 2030,” tambah Gubernur.

Penyakit Kaki Gajah menyebabkan terjadinya kecatatan permanen atau cacat tetap, menurunkan derajat kesehatan masyarakat, mengganggu pembangunan manusia, dan menimbulkan masalah Sosial Ekonomi Negara.

Di Indonesia sendiri, terdapat 240 dari 514 Kabupaten/ Kota yang endemis Kaki Gajah. Dua belas Kabupaten/ Kota, terdapat di Papua Barat.

Pekan Kelambu dan Pemberian Obat Massal Penyakit Gajah merupakan suatu gerakan memasang kelambu antimalaria dan minum obat pencegahan Kaki Gajah secara serentak sebagai strategi untuk mencegah dan memutus rantai penularan penyakit Malaria dan Kaki Gajah.

Di Provinsi Papua Barat, berdasarkan hasil survey Tahun 2004-2015, dari 13 Kabupaten/ Kota, maaka 12 Kabupaten/ Kota dinyatakan sebagai daerah endemis Kaki Gajah, dan hanya satu Kabupten/ Kota non-endemis yaitu Kabupaten Pegunungan Arfak. Sementara untuk Malaria, terdapat 12 Kabuapen/ Kota masuk Kategoru Endemis Tinggi, dan hanya satu Kabupaten Teluk Bintuni yang saat ini telah berhasil masuk Kategori Endemis Sedang.

Upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Malaria dan Kaki Gajah, maka pemerintah mencanangkan Pekan Kelambu Massal dan Pemberian Obat Pencegahan Massal Kaki Gajah, mulai tanggal 16 – 24 Okrober 2017. Masyarakat dianjurkan untuk mendatangi Pusat Layanan Kesehatan terdekat untuk memperoleh Kelambu dan meminum Obat Kaki Gajah.( Pa )

LEAVE A REPLY