Tentang Nama Stadion Surajaya Lamongan

Tentang Nama Stadion Surajaya Lamongan

229
0
BERBAGI

 

Lamongan (M. Sindoraya) – Salah satu nama stadion yang ada di provinsi Jawa Timur yakni stadion Surajaya, merupakan stadion berstandart nasional yang dimiliki Kabupaten Lamongan. Setiap tahun, stadion itu bertahap dikembangkan dengan dilakukan rehab pembangunan seperti pembangunan tribun, halaman parkir dan banyak lainnya.

Menurut informasi yang dihimpun dari beberapa nara sumber, pemberian nama Surajaya ternyata erat sekali kaitanya dengan asal mula atau sejarah kota Lamongan. Nama surajaya inilah yang menjadi cikal bakal nama Lamongan sekarang ini.

Diawali dari pengangkatan adipati Lamongan yang pertama yaitu Rangga Hadi atau Tumenggung Surajaya pada 26 Mei 1569 M, oleh Sunan Giri IV pada saat pusat permerintahan ada di bawah Kerajaan Pajang. Pengangkatan adipati Lamongan itu dilakukan lantaran Sunan Giri saat itu mulai resah dengan para pedagang dari Portugis yang berniat menguasai wilayah tersebut.

Hadi merupakan nama Tumenggung Surajaya saat masih muda. Hubungan Hadi dengan Sunan Giri sangatlah dekat. Di kala muda, Hadi pernah ditunjuk untuk menyebarkan agama Islam serta mengatur pemerintahan di Kesunanan Giri yang disebut Kenduruan. Sunan Giri kemudian memberikanya gelar Rangga kepadanya. Sejak saat itulah, dia dipanggil dengan sebutan Rangga Hadi.

Dalam perjalanan menuju Kenduruan, Rangga Hadi harus melewati kali Lamong. Oleh masyarakat daerah tersebut, Rangga hadi kemudian dipanggil Mbah Lamong. Rangga Hadi juga terkenal akan kepedulianya pada peramutan dan pendidikan masyarakat. Masyarakat pun sangat mencintai mbah Lamong.

Dari sebutan mbah Lamong itulah, asal usul atau sejarah Lamongan tercipta.

Sedangkan stadion Surajaya sendiri, di ambil dari nama lain Rangga Hadi yakni Tumenggung Surajaya.

Makam Mbah Lamong saat ini berada di Kelurahan Tumenggungan. Sebuah wilayah yang dilintasi kali Lamong. Bahkan tak sedikit warga Lamongan yang mengunjungi makam tersebut untuk melakukan ziarah. (vid)

LEAVE A REPLY